Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pilkades Serentak Pati Dihelat, Banyak Lansia Bingung Gunakan Hak Pilih

MuriaNewsCom, Pati – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pati, hari ini (15/12/2018) dilaksanakan. Masyarakat pun nampak antusias untuk memilih calon pemimpin yang baru tersebut. Seperti halnya di Desa trangkil, warga yang rumahnya jauh dari lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), panitia penyelenggara juga menyiapkan armada penjemputan.

Bahkan untuk pemilih kategori lansia, para panitia sengaja menuntun dan memberkan pendampingan secara langsung hingga hak suaranya benar-benar digunakan. Sapai pada pemasukan surat suara di kotak suara, para lansia juga di tunjukkan masing-masing wilayahnya.

Ada juga pemandangan yang menarik disekitar lokasi TPS, yakni para keluarga calon yang menyiapkan tenda untuk memberikan makan kepada para pendukungnya. Warga yang sudah menggunakan hak pilih, bisa mampir ke tenda yang disediakan calon untuk makan atau sekedar melepas hadaga.

Berbada dengan di Desa pasucen, para keluarga calon justru berjajar di pintu masuk TPS untuk menyambut para pemilih. Dengan senyum ramah, satu-persatu melakukan berjabat tangan sembari berharap dapat memilih keluarganya yang mencalonkan diri tersebut.

Ketua Panitia penyelenggara pilkades Desa Trangkil Sutrisno mengatakan, pelaksanaan pilkades tahun ini dinilai sudah sangat bagus. Mengingat, mulai dari proses pendaftaran hingga pemungutan suara, sejah ini terlampau baik.

“Mulai dari awal hingga saat ini, masih sangat kondusif. Dan kami juga memastikan untuk pelaksanan sampai pada penghitungan suaran nanti, prosesnya akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ketika disinggung bahwa Desa Trangkil termasuk kategori desa rawan, pihaknya mengaku sudah meminimalisir kerawanan tersebut. Bahkan pihaknya juga memastikan tidak akan ada konflik, baik ditingkat pendukung maupun para calon.

Terlebih pihaknya juga sudah menyiapkan tim pengamanan yang terdiri dari Polsek Wedarijaksa, lInmas dan masyarakat sekitar yang dianggap mampu. Bahkan berbagai persiapan juga sudah dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan tersebut.

“untuk jumlah daftar pmilih tetap di Desa Trangkil ada  sebanyak 7816 dan pihak panitia sudah menyediakan sebanyak 8166 surat suara. Dirinya berharap, pelksanaan pikades serentak ini dapat berlangsung dengan aman dan kondusif,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...