Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Air Mancur Pelangi di Jembatan Banjir Kanal Semarang Meriahkan Tahun Baru

MuriaNewsCom, Semarang – Pertunjukan air mancur pelangi di Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB) Kota Semarang, akan memeriahkan malam perayaan Tahun Baru 2019. Air mancur pelangi ini menjadi jembatan air mancur (bridge fountain) pertama di Indonesia.

Keindahan jembatan air mancur ini digadang-gadang bakal seperti Banpo Bridge Fountain di Korea Selatan.

Pembangunan jembatan air mancur ini telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu dengan menghabiskan dana sebesar rp 17 miliar. Persiapan untuk atraksi air mancur ini sudah siap, bahkan menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminuddin, pihaknya sudah melakukan ujicoba terhadap air mancur itu.

Pihaknya memastikan, atraksi air mancur dengan sorotan lampu warna-warni ini akan menjadi pertunjukan yang menarik. Terlebih jembatan air mancur ini memang diproyeksi menjadi salah satu ikon baru di Kota Semarang.

Dari kesiapan, menurut dia, cara kerja air mancur itu bersistem automatis dengan menggunakan sensor menyesuaikan dengan irama lagu yang sedang diputar.

“Itu water fountain dengan mesin, menari otomatis itu. Robot, dia pakai sensor, kemudian masuk control room. Pakai nosel, jadi menari-nari sesuai musiknya, bunyinya lagi,” katanya kepada wartawan.

Baca : Pertama di Indonesia, Jembatan Air Mancur Pelangi di Semarang Bakal Seperti Korea

Ada tiga air mancur yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri jembatan. Satunya lagi, berada di antara dua jembatan. Air disedot menggunakan pompa, kemudian disemprotkan ke arah sungai.

Meski disiapkan untuk menyambut perayaan Tahun Baru 2019, kata dia, dimungkinkan air terjun menari itu bisa dioperasikan pada waktu-waktu tertentu untuk menghibur masyarakat.

“Operasinya malam Tahun Baru  tidak setiap hari. Namun, nanti lihat kebijakan Pak Wali (Wali Kota Semarang) apakah setiap hari atau bagaimana,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...