Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Revitalisasi Rampung 100 Persen, Bundaran Simpanglima Purwodadi Tetap Ditutup, Ini Alasannya

MuriaNewsCom, GroboganPelaksanaan proyek revitalisasi bundaran simpanglima Purwodadi dengan dana Rp 4,8 miliar berhasil rampung tepat waktu. Sesuai kontrak kerja, batas penyelesaikan pekerjaan berakhir pada 13 Desember 2018.

Meski sudah rampung 100 persen, namun kawasan bundaran simpanglima tetap ditutup. Kain terpal putih yang menutupi kawasan bundaran masih akan dipertahankan seperti semula.

“Pekerjaan sudah selesai 100 persen pada Kamis kemarin. Meski demikian, kawasan bundaran simpanglima ini belum kita buka untuk umum,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan Nugroho Agus Prastowo pada wartawan, saat melakukan monitoring hasil akhir proyek revitalisasi simpanglima, Jumat (14/12/2018).

Agus menjelaskan, ada beberapa alasan kenapa bundaran simpanglima masih ditutup. Yakni, untuk menjaga agar hasil pekerjaan yang baru selesai tidak rusak. Terutama, pada taman dalam, pedestrian taman dan tanaman yang ada didalamnya.

Selain itu, pada tahun 2019 nanti, proyek revitalisasi akan dilanjutkan lagi. Pekerjaan revitalisasi yang dilakukan tahun ini merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan.

Pada tahap pertama, kawasan simpanglima didesain dengan taman dalam, pedestrian taman, dan pembuatan drainase dengan sistem U-Ditch serta penyediaan jogging area. Areal yang dikerjakan pada tahap pertama ini selebar sekitar 19 meter.

Pada revitalisasi tahap kedua sudah dialokasikan dana sekitar Rp 6,1 miliar dari APBD. Pekerjaan pada tahap kedua adalah menata kawasan bundaran simpanglima sebelah dalam hingga batas tower air milik PDAM yang ada di tengah lokasi. Pada sisi dalam bundaran akan dibuatkan belasan taman lingkar dan tempat untuk bersantai, swa foto serta sejumlah fasilitas lainnya.

Saat ini, lanjut Agus, pihaknya sudah mempersiapkan rencana lelang proyek revitalisasi tahap kedua. Dalam waktu dekat, direncanakan sudah naik lelang. Diharapkan pada bulan Februari atau Maret tahun 2019, proyek revitalisasi tahap kedua sudah mulai dikerjakan.

“Proyek revitalisasi tahap pertama dan kedua ini langsung bersambung. Oleh sebab itu, kawasan bundaran tetap kita tutup dulu. Target kita, saat lebaran mendatang, pekerjaan revitalisasi tahap kedua sudah rampung dan bisa dinikmati masyarakat,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...