Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tes SKB CPNS Usai, Pemkab Kudus Minta Peserta Jangan Percaya Calo

MuriaNewsCom, Kudus – Pelaksanaan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018 Kabupaten Kudus telah usai. Pelaksaan di lakukan di UTC Hotel Semarang Minggu (9/12/2018) hingga Senin (10-12-2018) lalu.

Pemerintah Kabupaten Kudus meminta kepada peserta seleksi CPNS tidak mempercayai kepada calo atau oknum yang mengaku bisa mengurus meluluskan sebagai CPNS. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris saat ditemui di pendopo, Jumat (14/12/2018).

“Peserta seleksi CPNS jangan percaya ada oknum atau calo yang mengaku bisa meloloskan menjadi PNS. Apalgi mereka meminta imbalan uang. Karena tesnya saja CAT, pakai komputer hasilnya bisa diktehaui langsung setelah tes,” jelasnya.

Ia mengatakan, penentu lolos atau tidaknya menjadi PNS adalah sepenuhnya kewenangan dari BKN. Sedangkan pemerintah Kabupaten Kudus dalam hal ini BKPP hanya sekadar penyelenggara di tingkat Kabupaten. Yakni tanpa ada hak untuk menentukan diterima atau tidaknya.

“Kalau ada yang jadi calo bisa dilaporkan langsung ke polisis. Ini karenanya ranahnya pihak kepolisian. Sekali lagi, kami dari pemerintah tidak ada semacam imbalan untuk lolos menjadi PNS,” terangnya.

Kabid Pengembangan dan Diklat BKPP Kabupaten Kudus Tulus Yatmika mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu integrasi nilai SKD dan SKB. Integrasi itu, dilakukan oleh BKN pusat. Untuk kriteria kelulusan, ia mengaku hal tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan BKN pusat.

“Nantinya Panselnas akan mengumumkan hasil seleksi CPNS 2018 lewat masing-masing intansi. Karena saat ini juga untuk tes SKB dibeberapa intansi masih berlangsung. Kami masih menunggu,”jelasnya.

Ia mengatakan, bahwa sesuai jadwal sebelumnya pengumuman hasil seleksi CPNS dilakukan pada tanggal 3 Desemeber 2018. Namun hingga sekarang masih ada beberapa intansi yang melakukan tes SKB. Dengan begitu, pengumuman hasil seleksi CPNS 2018 diperkirakan akan mundur.

“Mulai tes SKB kemarin molor. Namun informasinya akhir tahun ini hasil seleksi CPNS 2018 sudah diumumkan. Setelah itu, kemudian pemberkasan,” tambahnya.

Sebelumnya, diketahui ada sebanyak 985 peserta seleksi CPNS yang berhak mengikuti tahapan selanutnya tes SKB. Mereka merebutkan sebanyak 438 formasi CPNS 2018. Formasi  itu terdiri dari formasi khusus K2 sebanyak 29 kuota, formasi umum guru sebanyak 362 kuota, kesehatan 35 kuota, dan teknis 12 kuota.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...