Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir, Petani Rugi Miliaran Rupiah

MuriaNewsCom, Pati – Nasib kurang beruntung kali ini menimpa warga Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen. Warga dengan mayoritas petani itu, kini terpaksa harus gigit jari lantaran lahan sawah miliknya terendam banjir setinggi satu meter. Padahal, saat ini belum waktunya untuk di panen.

Kepala Desa Pasuruhan Warsito menjelaskan, lahan sawah yang terendam itu sebanyak 250 hektare. Padahal, untuk estimasi keuntungan panen, perhektare bisa mencapai Rp 25 juta. Namun, karena terendam dan padi belum siap panen, akhirnya para petani yang rugi.

“Ditambah lagi dengan sawah yang ada di sebelah timur, itu juga banyak yang terendam. Banyak juga petani yang mulai panen dini untuk menyelamatkan padinya tersebut,” ungkap Warsito, Kamis (13/12/2018).

Dirinya menambahkan, sebelumnya para petani juga sudah menentukan masa panen sebelum jatuhnya musim hujan. Akan tetapi, karena serangan hama tikus, pertumbuhan padi menjadi lambat sehingga masa panen menjadi molor.

“Perkiraanya itu kan sebelum hujan, padi sudah siap panen. Lha ternyata malah muncul hama tikus. Itu diluar dugaan,” tambahnya.

Menurutnya, lahan sawah itu terendam air sudah empat pekan ini. Sementara kondisi air belum mengalami penyusutan. Malah, debitnya bertambah ketika ada banjir kiriman dari desa lain.

Selain itu, kondisi banjir yang kerap menyambangi areal persawahan Desa Pasuruhan itu dikarenakan adanya sedimentasi sungai Juwana. Sehingga, dirinya berharap dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat segara turun tangan untuk mengatasi hal tersebut.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...