Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Pati Siap Terjunkan Ratusan Personel Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak

MuriaNewsCom, Pati – Sebagai upaya untuk memberikan pengamanan pada saat pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 61 desa pada 15 Desember nanti, Polres Pati siap menerjunkan 451 personel. Menginagt, indikasi adanya desa penyelenggara yang rawan terjadi konflik, terpantau banyak.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, pihaknya akan menerapkan pola pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing empat anggota dengan seorang perwira pengawas. Mereka akan memberikan penjagaan dan pengawasan ketat sampai selesainya penghitungan suara.

“Pengamanan ini sudah menjadi tanggung jawab kami sampai terselesainya peghitungan suara. Sedangkan untuk desa penyelenggara yang sudah dikategorikan rawan, akan kami berikan pengamanan lebih ketat,” tuturnya, Rabu (12/12/2018).

Lebih lanjut, untuk desa yang masuk dalam kategori rawan adalah desa yang terdapat lebih dari dua calon. Dari calon kades itu tidak ada hubungan suami istri atau saudara, tapi belum pernah terjadi konflik.Kategori rawan ini memiliki jumlah yang paling banyak, yakni 37 desa.

“Sedangkan kategori rawan satu adalah desa yang terdapat lebih dari dua calon dan pernah terjadi konflik di desa bersangkutan. Untuk kategori ini ada 15 desa yang terindikasi,” imbuhnya.

Sementara untuk kategori aman adalah desa yang terdapat calon dimana merupakan pasangan suami istri atau masih ada hubungan saudara. Dan desa tersebut belum pernah terjadi konflik.

“Dari 61 desa ini, ada 9 desa yang masuk dalam kategori aman,” terangnya.

Sebelumnya, Jon juga sudah memprediksi desanyang rawan konflik saat pelaksanaan pilkades tersebut. Sehingga, sehari sebelum pelaksanaan, pihaknya akan menerjunkan anggota untuk berjaga-jaga dan memberikan pengamanan.

“Pada 14 Desember nanti, akan segera kita turunkan ke masing-masing TPS. Mudah-mudahan antisipasi dan himbauan saya kepada masyarakat tentunya mari jadikan pesta demokrasi pilkades ini dengan baik rukun guyup aman, karena ini untuk mencari pimpinan bukan mencari permusuhan,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...