Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Rokok Ilegal di Kudus Disiram Air Tinja Sebelum Dikubur di TPA

MuriaNewsCom, Kudus – Bea Cukai Kudus ternyata tak kalah akal untuk mencegah rokok ilegal yang akan dimusnahkan dengan cara ditimbun di TPA Tanjungrejo diangkut dan dikonsumsi masyarakat. Tak tanggung-tanggung, mereka mencampurkan air tinja sebelum rokok sitaan tersebut dikubur.

Dari pantauan di lapangan, Bea Cukai dan pihak TPA menyiapkan satu tangki penuh air tinja. Mereka menyiramkan air kotoran itu ke rokok ilegal tersebut di dalam satu lubang sebelum dikubur. Langkah ekstrem itu dipastikan membuat orang ogah mengambil kembali rokok tersebut.

Sugiyono, staf TPA Tanjungrejo mengatakan, setiap ada pemusnahan dengan cara dikubur, Bea Cukai selalu menyiram rokok tersebut dengan air tinja. Tujuannya untuk mencegah rokok-rokok ilegal tersebut dikonsumsi kembali.

“Air tinjanya kami (TPA Tanjungrejo) yang menyiapkan. Itu supaya tidak diambil-ambil. Tapi kadang ada yang nekat untuk tetap ngambil,” ucapnya.

Sugiyono menambahkan, setelah rokok dicampur dengan air tinja dalam satu lubang, rokok tersebut diurug kembali menggunakan sampah-sampah lain supaya tidak disalahgunakan.

“Itukan dicampur di satu lubang, nanti langsung ditumpuk dengan sampah-sampah lainnya biar tidak muncul lagi rokoknya,” tandasnya.

Sementara itu, Tari salah satu pemulung menyayangkan rokok-rokok tersebut dimusnahkan dengan cara seperti itu. Ia menganggap pemusnahan seperti itu tidak bisa menguntungkan pemulung

“Sayang, kami ngambil satu plat aja tidak boleh, padahal nanti tidak dijual, untuk konsumsi sendiri,” ucapnya.

Pemulung asal Semarang itu juga menuturkan jika pemusnahan tahun ini memang sangat ketat, sehingga pemulung-pemulung tidak bisa mengambil

“Ketat mas, saya tidak bisa bawa ini. Padahal kemarin-kemarin bisa,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Eko, salah satu staff Bea Cukai menuturkan jika perbuatan mengambil barang-barang sitaan sangat tidak diperbolehkan.

“Bagaimanapun juga itu ilegal, lagian rokoknya tidak enak karna tembakaunya juga jelek,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...