Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemilih Pemula Melonjak, KPU Pati Sosialisasikan Pemilu

MuriaNewsCom, Pati – Meningkatnya sejumlah pemilih pemula dalam pemilihan umum presiden (pilpres) dan pemilu legislatif (pileg), membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pati harus proaktif untuk melakukan sosialisasi. Terlebih, mereka adalah pemilih potensial yang belum mengetahui tata cara maupun proses pemungutan suara.

Ketua KPU Pati Imbang Setiawan dalam acara sosialisasi pemilu segmen pemilih pemula di MA NU Luthful Ulum Pasucen mengatakan, pemilih pemula ini merupakan pemilih yang baru akan menggunakan hak pilihnya pada April 2019 mendatang. Sehingga, mereka kami dorong untuk bisa menggunakan hak pilihnya secara bijak.

“Kami juga mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pemilu. Sehingga nantinya para pemilih pemula ini benar-benar tahu dan mengikuti proses pelaksanaan pilpres dan pileg serentak ini,” terangnya, Selasa (11/12/2018)

Lebih lanjut, karena jumlah surat suara dalam pemilu 2019 tersebut banyak, yakni 5 surat suara, pihaknya juga menyampaikan bentuk syrat suara dan masing-masing peruntukannya. Hal itu agar para pemilih pemula tidak bingubg ketika berada di bilik suara.

“Inilah yang kami tekankan. Sebab, pemilu ini jauh berbeda dengan pemilu sebelumnya. Jumlah lima surat suara, sudah kami perinci masing-masing peruntukannya, sehingga diharapkan mereka dapat membedakan mana surat suara untuk calon presiden dan mana surat suara untuk caleg pusat, Provinsi dan kabupaten/kota. Ditambah lagi dengan surat suara calon DPD,” imbuhnya.

Selain di sekolah, KPU juga menyasar kampus-kampus yang ada di Pati untuk mensosialisasikan pemilu tersebut. Dirinya berharap, partisipasi pemilih semakin meningkat dan para pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

“Harapan kami, pemilih pemula ini bisa menggunakan hak pilihnya secara bijak. Dan kami juga berharap partisipasi pemilih di Kabupaten Pati semakin meningkat dalam pemilu 2019 nanti,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pemilih pemula yang mengikuti sosialisasi pemilu Winasah mengatakan sangat swnang dengan adanha sosialisasi tersebut. Sebab, pihaknya mengertibterkait bagaimana proses pencoblosan dan mampu membedakan surat suara yang nantinya akan dicoblos.

“Sangat senang, apalagi saya baru menggunakan hak pilih pada pemilu 2019 nan. Jadi, ini merupakan pelajaran berharga bagi saya dan teman-teman,” tutupnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...