Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Jateng Dorong Pemkab Grobogan Punya Desa Tangguh Bencana

0 244

MuriaNewsCom, Grobogan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mendorong setiap daerah mempunyai desa tangguh bencana (destana). Keberadaan destana itu dinilai penting untuk meminimalisasi jumlah korban jiwa ketika ada bencana.

“Desa tangguh bencana sudah masuk program prioritas dari Pemprov Jateng. Setiap kabupaten/kota harus mendirikan desa tangguh bencana,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana saat menjadi pembicara dalam acara pembangunan berkelanjutan yang berorentasi pada inovasi lokal dan inklusi sosial di RS Yakkum Purwodadi, Selasa (11/12/2018).

Acara ini dibuka Asisten II Pemkab Grobogan Ahmadi Widodo. Hadir dalam kesempatan itu, Direktur RS Yakkum Sunarima dan Kepala BPBD Grobogan Endang Sulityoningsih.

Penciptaan destana ditarget ada delapan desa tiap tahun. Sampai saat ini, sudah ada 68 destana yang dikembangkan BPBD Jateng. Selanjutnya, pada tiap Kabupaten/kota diminta menyiapkan lima hingga 10 desa untuk program tersebut.

Menurutnya, keberadaan destana membantu dalam hal penanganan kedaruratan. Peran destana dibutuhkan dalam upaya pertolongan pertama saat terjadi bencana, sebelum petugas datang ke lokasi.

Pembentukan destana, bisa dimulai dari membentuk sejumlah program kebencanaan. Kemudian ada juga pembekalan dan pembinaan secara berkelanjutan di bawah koordinasi BPBD. Para relawan akan dilatih teknik penanganan kedaruratan, seperti membuat dapur umum, menangani pengungsi, evakuasi korban, hingga pertolongan pertama terkait kesehatan.

Sarwa menjelaskan, penanganan penanggulangan bencana tidak hanya menjadi urusan pemerintah. Tetapi merupakan tanggung jawab bersama dari berbagai pihak, termasuk masyarakat serta dunia usaha.

“Dalam kesempatan ini, saya mengapresiasi RS Yakkum yang sudah memberikan pemahaman dan pelatihan penanganan bencana bagi karyawannya. Kita harapkan, dari rumah sakit ini juga bisa berperan aktif bersama BPBD dalam menanggulangi bencana,” katanya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.