MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Berdayakan Perempuan, Sahabat Lestari Latih Ibu-ibu Seni Menyulam

0 186

MuriaNewsCom, Jepara – Puluhan ibu-ibu di Desa Pecangaan Kulon, Kecamatan Pecangaan, Jepara, dilatih jahit sulam oleh Komunitas Sahabat Lestari. Kegiatan ini diberikan untuk mengisi waktu luang ibu rumah tangga, agar punya aktivitas di sela-sela mengurus rumah tangga.

Selain itu, dengan pelatihan sulam diharapkan nantinya muncul ibu rumah tangga mandiri yang mampu menghasilkan produk kerajinan bermutu. Dari produk kerajinan ini nantinya bisa dipasarkan, sehingga mampu mendukung perekonomian keluarga.

Pembina Komunitas Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan wanita.

”Jadi para perempuan kami bekali dengan berbagai keterampilan, sehingga bisa mandiri. Selain kegiatan jahit sulam, ada beberapa kegiatan lain. Seperti pelatihan make up dan berjijab,” katanya, Selasa (11/12/2018).

Kegiatan pelatihan jahit sulam ini digelar tiga kali setiap pekannya. Pelatihan dilakukan secara berpindah-pindah di desa-desa yang ada di Jepara dengan menghadirkan pelatih profesional.

Seperti dalam pelatihan di Desa Pecangaan Kulon, didatangkan Nur Hidayat bersama istrinya Nisa. Ia merupakan tutor dan inisiator dalam program yang disebut Wanita Lestari tersebut.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.