Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Pati Siapkan Dapur Umum Pengungsian Khusus Bencana Banjir

MuriaNewsCom, Pati – Unit dapur umum dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mulai melakukan simulasi penanganan kebutuhan konsumsi bagi para pengungsi, terutama korban banjir, Sabtu (8/12/2018). Hal itu agar nantinya tidak tumpang tindih pada saat bencana terjadi.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, simulasi yang dilakukan itu mulai pengoperasian peralatan dapur hingga nantinya pendistribusian kepada para pengungsi. Termasuk nanti juga menu yang akan disiapkan setiap harinya.

“Semua pegawai dari BPBD mensimulasikan pemasangan unit dapur umum. Alat sudah siap, jadi mereka membuat menu khusus bagi korban banjir yang mengungsi,” jelasnya.

Lebih dari itu, relawan yang nantinya berada di dapur umum juga sudah disiapkan. Terutama bagian pendistribusian makanan. Mengingat, pendistribusian ini memang mempunyai peran penting agar pada saat sampai di lokasi, para pengungsi tidak rebutan makanan.

“Semuanya sudah kami tempatkan pada posnya masing-masing,” imbuhnya singkat.

Dari keseluruhan simulasi mengenai pemanfaatan dapur umum, lanjutnya, sudah bisa dimanfaatkan bagi pihak yang memerlukan sewaktu-waktu.

“Jika suatu saat dibutuhkan sudah siap. Biasanya jika ada pengungsi dari bencana banjir,” tambahnya.

Pihaknya juga sudah memetakan daerah mana saja yang berpotensi terkena bencana banjir dan tanah longsor. Setidaknya ada 59 desa dari 7 kecamatan yang berpotensi terkena banjir. Untuk tanah longsor ada 29 desa di 5 kecamatan yang berpotensi di wilayah Kabupaten Pati.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...