Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren! Begini Cara SMP Kanisius Kudus Ajarkan Anti Korupsi Sejak Dini

MuriaNewsCom, Kudus – SMP Kanisius Kudus menggelar perlombaan anti korupsi di Aula SMP Kanisius, Sabtu (8/12/2019). Perlombaan itu dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia padas setiap tanggal 9 Desemeber. Melalui kegiatan itu para pelajar dikenalkan nilai-nilai anti korupsi.

Dari pantauan MuriaNewsCom, ratusan siswa berkumpul di aulan SMP. Mereka terbagi menjadi berebapa kelompok. Setiap kelompok ada empat sampai enam siswa. Setiap kelompok itu, kemudian mempermainkan berbagai jens permainan yang bertemakan anti korupsi. Mulai dari permainan ular tangga, dart antikorupsi, hingga marbel question.

Monica Ignacia Liaotando siswa kelas 7 SMP Kanisius Kudus mengatakan, dari kelompoknya memainkan permainan dart anti korupsi. Dimana pada dart tersebut terpapang para koruptor. Mulai dari Setya Novanto,Anas Urbaningrum, Brigjen TNI Teddy Hernayadi, Zumi Zola, hingga Angeila Sondah.

“Cara mainnya itu, kami ambil senjata yang dibuat dari bolpen, kemudian busurnya menggunakan masing tinta bolpen. Dari itu, kemudian diarahkan kepada para koruptor yang ada di depannya,” jelasnya.

Para pelajar SMP Kanisius Kudus saat mengikuti perlombaan dalam rangka memperingari hari anti korupsi di Aula SMP Kanisius Kudus, Sabtu (8/12/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji)

Senada juga dikatakan Mikael Aletco Wicaksono kelas 7 mengatakan, kelompoknya memainkan permainan marbel question. Permainan itu, dimainkan dengan cara seperti bermain kelereng.

“Apabila masuk dikolom di beberapa warna itu nantinya diberi pertanyaan. Lalu, kalau bisa menjawab pertanyaan mendapatkan permen dari kotak anti korupsi,” papar dia.

Sementara itu, Heri Kristanto Wakil Kepala SMP Kanisius Kudus menyampaikan perlombaan tersebut dalam ranka hari peringatan anti korupsi sedunia. Ada sebanyal 51 berbagai jenis permainan yang bertemakan anti korupsi.

“Untuk pesertanya mereka siswa-siswi SMP Kanisius ada sebanyak 240 siswa,” ujarnya.

Dengan perlombaan anti korupsi itu, ia berharap pertama generasi muda dapat mengenal anti korupsi. Kemudian kedua, sebagai generasi muda kedepannya dapat menerapkan nilai-nilai anti korupsi ketika dewasa nantinya.

“Terpenting nilai-nilai anti korupsi dikenal oleh para generasi muda ini. Dengan begitu, ketika dewasa mereka tetap menjaga nilai-nilai anti korupsi yang sudah ditanamkan sejak dini,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...