Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Turun ke Desa, Haryanto Pastikan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Pati Sesuai Aturan

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto melakukan monitoring langsung di desa-desa penyelenggara pemilihan kepala desa (Pilkades). Hal itu untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan pilkades sudah sesuai dengan aturan dan berjalan dengan tertib dan aman.

“Monitoring ini kami lakukan untuk memantau perkembangan pilkades serentak. Apalagi, waktunya sydah semakin dekat, yakni pada 15 Desember nanti, atau kurang sepekan,” ungkapnya, Jumat (7/12/2018).

Dirinya juda datang langsung ke desa penyelenggara yang dianggap rawan. Seperti di Desa Bumirejo, Jimbaran, Dadirejo, Bumiayu, Tegalharjo dan Tlogosari Kecamatan Tlogowungu. Desa tersebut disinyalir rawan konflik sehingga, dirinya meminta kepada aparat keamanan untuk mengkondisikan hal tersebut.

“Sebelumnya kami sudah memetakan desa-desa yang rawan tersebut. Sehingga, kami mengambil langkah pencegahan dengan datang langsung ke desa terindikasi,” imbuhnya.

Lebih dari itu, dirinya juga meminta agar setia tahapan penyelenggaraan pilkades ini dilakukan secara runtut. Menginagt, sesuai dengan regulasi yang ada, prosesnya adalah sama, tidak bisa dilakukan secara pilih-pilih.

“Mulai dari proses pengumunan, penetapan bakal calon menjadi calon, kampanye hingga akhirnya penetapan calon terpilih, semuanya harua runtut. Kalau di lompati, nantinya malah cacat hukum,” tegasnya.

Lebih dari itu, setiap tahapan juga diminta ada dokimentasi maupun berita acara. Hal itu agar apabila dikemudian hari ada yang komplain, tidak akan muncul permasalahan.

“Sekali lagi kami tekankan, segwnap komponen panitia pilkades harus menjaga netralitasnya. Posisikan diri sesuai tugas kerja masing-masing,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...