Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

1.579 Penyandang Disabilitas di Grobogan Masuk dalam DPT Pemilu 2019

MuriaNewsCom, Grobogan – Komisioner KPU Grobogan Ngatiman meminta panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa agar menaruh perhatian pada para penyandang difabel di wilayahnya yang namanya sudah tercatat dalam daftar pemilih sementara (DPS). Para PPS diminta untuk memberikan pendampingan agar para penyadang difabel bisa aman, nyaman dan lancar menggunakan hal pilihnya dalam Pemilu 2019 mendatang.

Menurut Ngatiman, jumlah penyandang difabel keseluruhan ada 8 ribuan. Dari jumlah tersebut, ada 1.579 orang yang terdata memiliki hak pilih dan sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Jumlah pemilih dari kalangan difabel ini cukup besar dan tersebar di 19 kecamatan. Kami minta para PPS memberikan perhatian pada mereka ketika nanti akan menyalurkan hak pilihnya,” kata Ngatima, usai menggelar Sosialisasi Pemilu 2019 dengan Komunitas Difabel Grobogan, Kamis (6/12/2018).

Bentuk perhatian bisa dilakukan dengan meminta keluarga penyandang difabel untuk mengantarkan menuju tempat pemungutan suara (TPS). Kemudian, bisa juga dengan menyediakan tempat duduk di TPS ketika mereka harus menunggu giliran.

“Yang pasti, kita berupaya agar para pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu nanti. Termasuk juga bagi penyandang difabel.

Ngatiman juga mengajak penyandang difabel untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menyampaikan sosialisasi pada keluarga dan anggota komunitasnya. Selain membantu sosialisasi, mereka juga diajak mengkampanyekan gerakan tolak politik uang.

Para penyandang difabel yang hadir dalam sosialisasi itu menyatakan siap mendukung suksesnya perhelatan Pemilu bulan April 2019 nanti. “Saya dan teman-teman siap meyukseskan Pemilu. Kami mengapreasi langkah KPU Grobogan yang sudah melibatkan para penyandang difabel agar menggunakan hak pilihnya nanti,” kata Sunar, salah satu penyandang difabel.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...