Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Debit Air Tinggi, Tanggul Sungai Gono Pati Ambrol

MuriaNewsCom, Pati – Tingginya intensitas hujan di wilayah Pati yang terjadi beberapa hari terakhir ini, telah membuat warga panik. Terlebih bagi warga yang berada di bantaran sungai Gono di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus. Akibat hujan deras semalaman, tanggul di sungai tersebut ambrol.

Salah seorang perangkat Desa Banjarsari, Marzuki mengatakan, akibat hujan deras yang terjadi baru-baru ini sejumlah tanggul di desanya ambrol dengan panjang hingga 15 meter. Satu titik di RT3/1 dan satu lagi ada di RT2/1.

“Saat ini warga bekerjabakti untuk menanganinya dengan membuat tanggul sementara dari bambu dan karung yang diisi tanah. Meski belum maksimal namun bisa sebagai langkah preventif,” terangnya, Rabu (5/12/2018).

Selain tanggul ambrol, dikatakannya ada ancaman banjir lainnya. Yakni banyaknya sampah khususnya ranting bambu dan pohon pisang yang dibuang di sungai. Akibatnya saat ini sudah sering terjadi penyumbatan aliran anak sungai Juwana yang melewati desanya tersebut.

“Jika tidak segera dilakukan penanganan tentu saja ini bisa menyumbat aliran air terutama di bawah kolong jembatan dan pintu air. Hal itu tentu saja sangat rawan menyebabkan banjir,” imbuhnya.

Diketahui pula ada tumpukan sampah yang menyumbat di sungai tersebut. Sehingga, itu pun dihawatirkan akan berpotensi menjadi penyebab banjir di desa seempat. Terlebih, inten sitas hujan hari ini juga tergolobg tinggi.

“Kami sudah berupaya untuk membersihkan sampah yang menyumbat sungai itu. Semoga saja tidak terjadi banjir dan masyarakat tetap tenang,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...