Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mantab! Produksi Garam Pati Terbesar Nomor 2 Nasional Setelah Jatim

MuriaNewsCom, Pati – Produksi garam di Kabupaten Pati, ternyata paling besar nomor dua nasional setelah Jawa Timur (Jatim) Bahkan, apabila untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Jawa Tengah (Jateng) sendiri, garam dari pati sudah sangat berlebih.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Asosiasi Produsen Garam Konsumsi Beryodium (Aprogakobs) Kabupaten Pati, Budi Satriyono, Rabu (5/12/2018). Dirinya mengaku, setiap harinya produksi garam di Pati ini mencapai 500 ton per hari. Sementara untuk kebutuhan garam konsumsi masyarakat jateng hanya 100 ton. Sehingga, produksi itu sudah overload.

“Secara nasional, posisi kita ini sudah nomor dua terbesar secara nasional setelah Jatim. Jadi, ini sangat besar sehingga sebagian perusahaan garam juga sudah menyasar di luar pulau jawa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan meminta kepada para produsesn garam untuk lebih meningkatkan produksi garam beryodium. Pihaknya juga sudah mulai memodernisasi alat-alat pengolahan garam agar lebih mudah dan kualitasnya tetap terjaga.

“Jadi kita jangan kalah dengan daerah lain. Kalau garam kita sudah nomor dua nasional, tentunya apabila kualitas produksinya semakin baik, tentu akan bisa menaikkan tingkat penjualan dan pangsa pasar yang maksimal,” tegasnya.

Dirinya juga mengaku siap untuk memproduksi garam yabg sesuai aturan. Mengingat, di Pati sendiri banyak produsesn yang memproduksi garam secara tidak sehat. Namun, lanjut Budi, dari data laboratorium yang didapatkan, saat ini sudah 80 persen produsen garam dalam pengolahannya sudah sesuai aturan.

“Ada sekitar 20 persen yang belum sesuai aturan. Tetapi, kami akan melakukan pembinaan bagi mereka agar produksi garam di pati ini benar-bebar layak dan idak mengecewakan,” jelasnya.

Dirinya berharap, kedepan perusahaan garam di Pati mampu bersaing dengan produses garam yang ada di Jatim. Tentunya harus dengan kualitas produksi yang lebih bagus.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...