Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gaky Dorong Pembentukan Desa Mandiri Garam di Pati

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Tim Penanggulangan Gangguan Akibat Garam Beryodium (Gaky) Kabupaten Pati mendorong desa wilayah pesisir di Kabupaten setempat untuk mewujudkan desa mandiri garam. Ini lantaran, produsen gram di pati selama ini diketahui sangat melimpah. Hanya, mereka sebatas memproduksi dan belum ada upaya untuk membentuk desa mandiri garam.

Ketua Tim Penanggulangan Gaky Sutrisno mengatakan, Pati memiliki potensi untuk mewujudkan desa mandiri garam. Apalagi, sebagian besar masyarakatnya juga banyak yang memproduksi garam.

“Karena potensi itulah kami mensosialisasikan kepada masyarakat untuk  untuk membentuk desa mandiri garam,” ungkapnya, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, dari 401 desa di Pati, saat ini sudah ada 16 desa yang dicanangkan menjadi desa mandiri garam. Direncanakan, untuk tahun 2019  mendatang setidaknya ada 25 hingga 30 desa yang sudah ditetapkan.

“Secara bertahap kami akan mencanangkan itu. Tetapi masyarakat juga harus siap untuk memulai itu. Apalagi, produksi garam kita juga terbesar di jawa tengah. Inilah yang menjadikan kita harus siap mencanabgkan desa mandiri garam,” tegasnya.

Lebih lanjut,  untuk perioritas wilayah pihaknya mengaku akan memprioritaskan wilayah pesisir utara dan timur. Mengingat, di dua wilayah tersebut, produksi garamnya stabil.

Selain itu, pihaknya juga akan menganggarkan dana dan memberi labiratorium mini untuk pengecekan garam beryodium. Sehingga, masyarakat nantinya bisa membedakan, mana yang layak konsumsi dan mana yang tidak.

“Kami harap pencanangan ini bisa berlanjut, hingga mencapai 401 desa di Kabupaten Pati. Sehingga, program untuk menciptakan desa bebas garam tanpa yodium bisa terselenggarakan dengan baik,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...