Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tergerus Air, Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Goa Lawa di Sedayu Grobogan Longsor

MuriaNewsCom, Grobogan – Tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Grobogan dalam beberapa hari terakhir ternyata tidak hanya menimbulkan banjir bandang saja. Sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah tersebut mengalami longsor akibat tergerus air hujan.

Salah satunya adalah jalan menuju obyek wisata Goa Lawa dan Goa Macan di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan. Pada ruas jalan ini, ada satu titik pondasi longsor sepanjang 14 meter dan kedalaman hingga 3 meter.

Akibat longsornya pondasi jalan tersebut, akses kendaraan roda empat harus memutar lantaran kondisinya cukup berbahaya. Sementara pengendara sepeda motor diminta untuk berhati-hati saat melintas di titik longsoran.

Selain itu, tingginya curah hujan menyebabkan satu titik longsor di ruas jalan Jalan Pati-Purwodadi yang masuk wilayah Desa Sumberjatipohon. Longsoran tebing penahan di lokasi ini nyaris menimpa rumah warga.

Satu ruas jalan lagi yang terdata rusak ada di Desa Lebak. Kerusakan menimpa pondasi jalan akibat terkena banjir bandang dua hari lalu. Meski demikian, kondisi kerusakan ini hanya sedikit dan tidak membahayakan pengendara.

Sekretaris Daerah Grobogan Moh Soemarsono saat dimintai tanggapannya menyatakan, pihaknya mengimbau instansi terkait untuk segera menangani kerusakan infrastruktur jalan tersebut. Untuk penanganan darurat bisa dilakukan dengan menggunakan dana tak terduga.

“Penanganan darurat bisa pakai dana tak terduga. Untuk penanganan permanen nanti biar dikerjakan dinas terkait kalau status jalan itu milik kabupaten,” katanya, Selasa (4/12/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Grobogan Een Endarto mengatakan, pihaknya bersama BPBD sudah melakukan pengecekan kerusakan jalan tersebut. Secepatnya akan dilakukan penanganan seperlunya agar akses transportasi bisa normal.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...