Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pati Siapkan Perbup HIVAIDS

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sudah menyiapkan Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) terkait penanganan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Dipastiakan, akhir desember mendatang, perbup tersebut sudah selesai dan bisa menjadi regulasi rujukan dalam pencegahan HIV/AIDS.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edy Sulistyono mengatakan, rancangan perbup itu memang sudah ada. Dan prosesnya saat ini sudah mendekati tahap akhir. Kemungkinan, akhir desember perbup tersebut sudah disahkan.

“Perbup ini memang penting untuk membantu pencegahan dan penabggulabgan persebaran HIV di Kabupaten Pati. Sehingga, nantinya masyiarakat bisa terhindar dari virus tersebut,” ungkapnya, Selasa (4/12/2018).

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan bahwa dari pihak DKK sendiri sudah menyediakan obat untuk pencegahan virus HIV. sehingga tidak ada lagi masyarakat yang terjangkit virus tersebut.

Namun, menurutnya masih banyak masyarakat yang enggan memeriksakan diri apakah mereka terjangkit atau tidak. Padahal, untuk mengetahui positif ataupun negatif, tentunya harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

“Padahal pemeriksaan ini penting untuk pencegahan. Kami harap masyarakat juga proaktif untuk mencegah dan menanggulangi penularan virus tersebut,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap agar masyarakat tidak mendiskriminasi ODHA, mengingat mereka juga mempunyai hak yang sama. Bahkan, dirinya meminta untuk memperlakukan ODHA sama seperti yang lainnya.

“Itu harapan kami. Semoga saja penderita HIV/AIDS di Pati tidak semakin bertambah,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...