Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Pemilu, Penghuni Lapas di Pati Lakukan Rekaman E-KTP

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 359 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati ternyata masih banyak yang belum melakukan rekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang merupakan salah satu syarat untuk menggunakan hak pilih. Jumlah tersebut tidak semunya orang Pati, tetapi ada napi yang dari luar daerah.

Kepala Bagian Pembinaan Lapas Kelas II B pati Krismianto mengatakan, hari ini sebenarnya ada jadwal untuk dilakukan perekaman kepada napi yang belum mempunyai E-KTP. Tetapi karena ada sejumlah kendala, maka rekaman terpaksa di tunda. Namun, penundaan itu tidak akan berlangsung lama.

“Tadi memang ada masalah terkait jaringan internet yang tidak bisa terhubung. Setelah diperiksa, ternyata memang permasalahan itu dari penyedia layanan. Sehingga, rekaman terpaksa kami tunda,” ungkapnya, Senin (3/12/2018).

Lebih lanjut, para napi tersebut sebelumnya memang sudah dilakukan pendataan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati untuk mendapatkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). dari data itu, ternyata memang ada napi yang belum rekaman. Apalagi, saat ini penghuni lapas memang banyak yang baru maupun titipan dari pengadilan.

“Kalau pilkada kemarin, sebagian dari mereka memang sudah ada yang melakukan rekaman. tetapi karena penghuninya bertambah, maka dari pihak KPU bekerjasama dengan Dispendukcapil melakukan rekaman itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Pati Sunarsih mengatakan, upaya mendatangkan dipendukcapil ke Lapas tersebut memang untuk melakukan pendataan sekaligus rekaman E-KTP bagi napi yang belum rekaman. Mengingat, tahun 2019 mendatang mereka juga akan menggunakan hak pilihnya.

“Kami punya waktu hingga tiga hari kedepan untuk melakukan pendataan dan rekaman itu. Swmoga saja tidak ada kendala lagi,” ungkapnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...