Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Pohon Milik KPH Purwodadi Tumbang Diterjang Puting Beliung

MuriaNewsCom, Grobogan – Bencana angin puting beliung yang melanda di wilayah Grobogan dalam dua pekan terakhir ternyata juga membawa imbas pada kawasan hutan Perhutani KPH Purwodadi. Dampak puting beliung mengakibatkan ribuan pohon di kawasan hutan tumbang.

Wakil Administratur Perum Perhutani KPH Purwodadi Herry Merkusiyanto mengungkapkan, dari pendataan yang dilakukan, ada sekitar 1.000 pohon yang roboh.

Lokasi pohon roboh tersebar di lima BKPH. Yakni, BKPH Sambirejo, Linduk, Tumpuk, Pojok dan Karangasem.

“Pohon yang roboh terdiri dari jenis jati dan sonokeling. Ukurannya ada yang kecil dan ada yang sudah agak besar. Akibat kejadian ini, kami mengalami kerugian sekitar Rp 200 juta,” jelasnya, Jumat (30/11/2018).

Dijelaskan, untuk pohon yang kondisinya roboh langsung diamankan. Sedangkan yang rusak tetapi belum sampai roboh, akan dilakukan pemeriksaan bersama terlebih dahulu sebelum ditebang. Hingga saat ini, proses evakuasi dan pemeriksaan pohon rusak masih dilakukan.

Terkait musibah itu, Herry juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pemangkasan pada pohon-pohon milik Perhutani di tepi jalan yang kondisinya dinilai rawan.

”Kami sudah berkoordinasi pada dinas terkait. Untuk pohon yang dirasa membahayakan, silahkan dipangkas agar tidak mengganggu arus lalulintas dan membahayakan pengendara,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...