Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belajar Media di Era Digital, Puluhan Mahasiswa IAIN Kudus Kunjungi MuriaNewsCom

0 547

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus melakukan kunjungan di kantor MuriaNewsCom, United Futsal Stadium 2nd Floor Ring Road Utara Singocandi Kudus, Jumat (30/11/2018). Pada kesempatan itu, mahasiswa semester tiga itu, berkesempatan belajar untuk mengetahui dapur redaksi MuriaNewsCom.

Mahasiswa itu disambut oleh Manajer Marketing Sundoyo Hardi dan Redaktur MuriaNewsCom, Ali Muntoha dan Supriyadi. Para mahasiswa pun nampak antusias mengikuti penjelasan yang diisi oleh redaksi MuriaNewsCom tersebut.

Alaika Rizki Bastikan wakil rombongan mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen di MuriaNewsCom. Apalagi, MuriaNewsCom merupakan media massa di era digital andal di eks-Karesidenan Pati.

”Kami bertujuan untuk memenuhi standart mata kuliah jurnalistik. Salah satunya untuk mengetahui sistem manajemen dari media MuriaNewsCom,” kata dia.

Manajer Markering Sundoyo mengatakan, MuriaNewsCom adalah media online berbasis web profesional di Karsidenan Pati. Hal itu membuktikan bahwa MuriaNewsCom berbeda dengan media-media lain.

Puluhan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus melakukan kunjungan di kantor MuriaNewsCom, United Futsal Stadium 2nd Floor Ring Road Utara Singocandi Kudus, Jumat (30/11/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji).

”MuriaNewsCom dikelola secara profesional, produk yang diterbitkan bisa dipertanggungjawabkan melalui undang undang pers, bukan sekadar postingan atau sekadar informasi yang tidak ada konfrimasinya,” katanya.

Ia mengatakan, MuriaNewsCom adalah murni dari media massa. Dikatakan MuriaNewsCom ini menjadi pelopor profesional di wilayah eks karsidenan Pati.

”Kami berdiri sejak tahun 2013, kami berdiri sudah selama 5 tahun. Kami berada di lembaga badan hukum PT Muria Indomedia. Artinya kami sudah terdaftar di Kemenkuham. Legalitas tidak perlu dikhawatirkan lagi,” papar dia.

Di sisi menajemen, MuriaNewsCom di bawah pimpinan Deka Hendratmanto selaku pendiri dan juga pimpinan redaksi.  Beliau adalah wartawan senior di Kudus. Terakhir ia menjabat menjadi pimred di salah satu media cetak di Kudus.

“Kemudian ada beberapa manajer lain seperti manajer keuangan, dan news manajer. Dibidang redaksi ada repoter ada desain grafis, ada it suport, dan sosial medianews,” jelasnya.

Sementara itu, Ali Muntoho redaktur MuriaNewsCom mengatakan bahwa tugas redaktur adalah memasak berita dari wartawan di lapangan. Sebelum tayang, berita dari wartawan diolahdari segi bahasa, logika, keberimbangan baru kemudian di tayangkan.

“Kami ada wartawan di enam kota di Eks Karsidenan Pati dan ditambah Kabupaten Grobogan,” jelasnya.

Meski begitu, media online seperti MuriaNewsCom membutuhkan akurasi dan ketepatan. “Tidak baik jika kejadian pagi hari kemudian tayang siang hari. itu sudah kurang etis. Karena kami media online. Untuk itu, keakuratan dan ketepatan sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Diakhir kunjungan itu, para mahasiswa diajak melihat di ruang redaksi MuriaNewsCom. Mulai dari tempat redaktur mengedit berita dan beberapa penghargaan yang didapatkan oleh MuriaNewsCom.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.