Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi, Jakarta-Surabaya Segera Tersambung

MuriaNewsCom, Sragen – Jalan tol Sragen-Ngawen, Rabu (28/11/2018) resmi dioperasikan. Peresmian jalan tol sepanjang 51 kilometer itu dilakukan Presiden Joko Widodo dengan dihadiri sejumlah menteri.

Peresmian dilakukan di rest area tol yang ada di Desa Ngrampal, Sragen. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi.

Dengan peresmian ini maka ruas tol Solo-Ngawi sepanjang 90 km telah beroperasi penuh. Sebelumnya segmen Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 km telah beroperasi pada Juli 2017.

Presiden mengatakan dengan beroperasinya tol Solo-Ngawi maka tidak lama lagi tol Jakarta-Surabaya pada akhir tahun ini akan tersambung.

“Sebentar lagi tol Jakarta-Surabaya, insya Allah, sudah sambung semuanya pada akhir tahun ini,” katanya.

Saat ini beberapa ruas tol Trans Jawa tengah dikebut agar selesai pada akhir tahun ini. Di antaranya ruas tol dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, Wilangan-Kertosono itu.

Ia memastikan, jalan tol yang kurang itu, akan selesai pertengahan Desember akhir tahun ini.

“Saya pastikan akhir tahun ini, Jakarta-Surabaya sudah sambung. Kemudian dilanjutkan ke timur lagi sampai ke Banyuwangi, pada 2019 diperkirakan sudah rampung juga. Jalur Merak sampai Banyuwangi 2019 diharapkan selesai,” ujarnya

Jokowi berharap, dengan tersambungnya tol dari Jakarta hingga Surabaya, nanti bisa dimanfaatkan tiap daerah yang dilewati, untuk mengintegrasikannya dengan kawasan industri maupun pariwisata. ”Jangan sampai tol ini, hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol saja,” terangnya.

Saat peresmian itu, Jokowi juga mengaku puas di rest area tol tersebut dipenuhi kuliner dan makanan khas lokal sesuai yang diinginkan.

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto, dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto mengatakan, segmen Sragen-Ngawi telah dinyatakan layak dan siap dioperasikan sebagai jalan tol.

Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,43 km dibangun dengan nilai kontrak senilai Rp 11 triliun. Pembangunan telah dimulai sejak 2011 lalu.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...