Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Musim Hujan, Bupati Pati Imbau Warganya Bersih-bersih Irigasi

MuriaNewsCom, Pati – Memasuki musim penghujan, Bupati Pati Haryanto mengimbau semua warga Bumi Mina Tani untuk senantiasa membersihkan saluran irigasi. Hal itu untuk mengantisipasi adanya sumbatan air sungai yang bisa menyebabkan banjir.

“Kami sudah mengimbau untuk selalu membersihkan sungai dan saluran irigasi. Bahkan, kami juga meminta para Kepala Desa (Kades) maupun camat untuk melakukan kerja bakti masal. Ini penting karena musim hujan sudah tiba,” ungkapnya saat ditemui awak media, Rabu (28/11/2018).

Dia juga meminta kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi, pemkab juga sudah menyediakan bak-bak sampah hingga ke desa-desa. Seharusnya, hal itu bisa menjadi perhatian bersama agar bencana banjir bisa diminimalkan.

“Kalau ada warga yang membaunh sampah di sungai, tegur saja. Karena itu bisa membuat bahaya. Berkali-kali kami sudah mengatakan hal itu. Bahkan sungai-sungai yang berpotensi banjir, sudah kami bersihkan bersama warga bantaran sungai,” tegasnya.

Selain itu, dirinya bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga sudah mengadakan pelatihan penanggulangan bencana, terutama di wilayah yang rawan banjir. Apalagi, berdasarkan data dari BPBD, ada 40 desa di Kabupaten Pati yang rawan terjadi bencana banjir. Selain itu, ada juga 19 desa yang dikategorikan rawan longsor.

“Kami juga sudah menyediakan anggaran untuk bencana alam. Yang jelas, kami mengajak warga masyarakat untuk membersihkan parit dan saluran. Masyarakt juga jangan membuang sampah di sungai, buang sampah pada tempatnya,” tandas Haryanto.

Secara terpisah, Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo juga sudah menyiapkan berbagai peralatan untuk evakuasi apabila ada bencana yang datang. Sosialisasi kepada masyarakat dan para pelajar juga sudah dilakukan jauh hari.

“Masyarakat harus tetap waspada dan siap siaga apabila sewaktu-waktunterjadi bencana. Mengingat, saat ini sudah memasuki musim hujan. Hal-hal yang sekiranya dapat menyebabkan banjir, seperti saluran yang tersumbat, segera untuk di beraihkan,” pintanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...