Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Uang Iuran Cair, Ribuan Buruh Rokok Gentong Gotri Kudus Masih Tunggu Pesangon

MuriaNewsCom, Kudus – Meskipun uang sisa iuran jaminan kesehatan yang dikelola koperasi telah dicarikan kepada ribuan buruh PT Gentong Gotri, Rabu (28/11/2018), namun para buruh pekerja PT Gentong Gotri masih menunggu pencairan upah pesangon. Sebab hingga saat ini upah pesangon belum dicarikan oleh pihak perusahaan.

Daru handoyo kuasa hukum buruh pekerja mengatakan, saat ini untuk uang pesaong belum dicairkan kepada 1151 buruh pekerja PT Gentong Gotri. Pihaknya masih menegosiasi dengan pihak perusahaan.

“Saat ini kami masih menegosiasi. Menurut saya, dari pihak perusahaan sudah ada iktikad baik. Karena saat ini sudah muncul presentase besaran mereka membayar. Meskipun itu terbilang sedikit,” ujarnya ditemui saat membagikan upah sisa saldo di Kantor Forum Pengsaha Rokok Kretek Kudus, Rabu (28/11/2018).

Baca Juga: Ribuan Buruh PT Gentong Gotri Cairkan Uang Sisa Iuran, Besarannya Cuma Rp 100 Ribu

Ia mengatakan, setelah pencairan uang jaminan hari tua, rencananya baru membicarakan tentang uang pesangon. Disebutkan dia, sesuai surat anjuran dari Dinasnaker itu secara normaitf perusahaan harus mengembalikan upah buruh sebanyak Rp 40,2 miliar. Hanya saja, dari perusahaan hanya mampu membayar Rp 25 miliar.

“Kalau yang 25 persen itu disetujui mudah-mudahan segera dibayarkan kepada para buruh yang telah bertahun-tahun menunggu upah tersebut,” katanya.

Sementara itu, Siti Koriyah mengatakan masih menunggu pencarian uang pesangon. Ia mengaku bekerja di perusahaan itu sudah sekitar 20 tahun lebih. Namun pada tahun 2012 lalu perusahaan itu mulai kolaps. Akhirnya hingga dua tahun terakhir ini perusahaan itu benar-benar tidak memproduksi lagi.

“Kami hanya pasarah. Mudah-mudahan uang pesangon segera dicairkan,” tambahnya

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...