Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Grobogan Ajak Masyarakat dan Stakeholher Awasi Tahapan Pemilu 2019

0 313

MuriaNewsCom, Grobogan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Grobogan akan melibatkan peran masyarakat dan stakeholder dalam mengawasi tahapan Pemilu 2019. Hal itu terungkap dalam sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, Selasa (27/11/2018).

Komisioner Bawaslu Grobogan Syahirul Alim menyatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaan pemilu 2019. Diharapkan, dengan peran banyak pihak akan bisa mencegah terjadinya pelanggaran.

“Kami mengajak kepada para pemangku kepentingan, baik itu di pemerintahan maupun nonpemerintah untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelanggaran,” katanya.

Ia mengungkapkan, dalam sosialisasi ini, pihaknya menyampaikan berbagai informasi pada masyarakat. Antara lain, seputar masalah kampanye. Yakni, masa pelaksanaan, metode, dan larangan dalam kampanye.

kegiatan serupa akan selalu digalakkan oleh pihak pengawas pemilu. Tujuannya agar kualitas penyelenggaraan pesta demokrasi menjadi makin baik.

“Pengawas pemilu itu tidak bakalan berhenti untuk selalu mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran pemilu,” jelasnya.

Menurutnya, Bawaslu adalah Lembaga penyelenggara pemilu yang mengawasi penyelenggaraan pemilu di seluruh wilayah NKRI. Tugas pengawasan dimulai dari penyelenggaraan tahapan dari persiapan, pelaksanaan, hingga penetapan hasil pemilu, serta berwenang mencegah dan menindak pelanggaran pemilu, sengketa proses pemilu.

“Meski demikian, kita berharap masyarakat juga ikut ambil peran untuk membantu menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019,” katanya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.