Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Natal, Pedagang Pasar Diminta Tak Naikkan Harga Sembako Sembarangan

MuriaNewsCom, Pati – Sebulan sebelum perayaan hari natal dan tahun baru 2019, Satgas Mafia Pangan Polres Pati mengimbau kepada para pedagang sembako untuk tidak menaikkan harga sembarangan. Apabila diketahui ada pedagang yang sengaja menaikkan harga, maka petugas akan menindak pedagang yang bersangkutan.

Ketua Satgas Mafia Pangan Polres Pati AKP Yusi Andi Sukmana mengaku sudah melakukan operasi di dua pasar tradisional di Pati, yakni di pasar Puri dan pasar Rogowongso. Dari hasil sidak, dirinya mengaku untuk harga kebutuhan pokok sejauh ini masih relative stabil. Hanya, kestabilan itu tidak bisa diprediksi hingga kapan.

“Yang pasti, kami akan tetap melakukan pemantauan dan berkoordinasi kepada pihak terkait untuk melihat perkembangan harga. Sejauh ini, harga masih stabil,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (27/11/2018).

Petugas sedang melakukan operasi pasar untuk menjaga kesetabilan harga. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

Dirinya menegaskan, apabila nanti ada pedagang yang sengaja menaikkan harga di luar kewajaran, maka pihaknya akan menindak tegas. Pertama akan memberikan peringatan kepada yang bersangkutan, tetapi apabila masih tidak diindahkan, maka akan dilakukan penindakan selanjutnya.

“Sebelum itu terjadi, kami bersama dengan petugas yang lain akan melakukan pencegahan, sehingga upaya menaikkan harga sembarangan itu tidak terjadi di Kabupaten Pati,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pati Riyoso melalui Kabid Perdagangan Rekso Suhartono mengaku, oprasi pasar akan dilakukan secara berkala, sehingga apabila ada pedagang yang nakal, bisa segera untuk diidentifikasi dan diklarifikasi.

“Kami memang sudah komitmen untuk menangani permasalahan itu. Apalagi menjaga kestabilan harga sembako itu memang sudah menjadi tugas kami. Kami harap, para pedagang mengerti terkait hal itu,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...