Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kabar Gembira! Peserta CPNS Tak Penuhi Passing Grade Bisa Tes SKB, Asalkan Penuhi Ini

MuriaNewsCom, Kudus – Angin segar didapatkan para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tidak lolos passing grade. Pasalnya Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kudus mulai memberlakukan peraturan Menteri PAN-RB (permenpan) nomor 61 tahun 2018. Yakni tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan formasi pegawai sipil dalam seleksi CPNS tahun 2018.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala BKPP Kabupaten Kudus, Yuliono Tri Nugroho. Menurut dia, adanya permen itu menanggapi dengan banyaknya peserta seleksi CPNS yang tidak lolos passing grade. Seperti hasil nilai tes SKD peserta CPNS di pemerintahan Kabupaten Kudus. Hasilnya, dari 4.333 peserta hanya 162 orang saja yang memenuhi passing grade.

“Dengan adanya peraturan itu, tentunya para peserta yang sebelumnya nilainya tidak sesuai dengan passing grade bisa mengikuti tes selanjutnya sesuai dengan nilai kumulatif SKD,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Selasa (27/11/2018).

Ia mengatakan, awalnya yang semula ada 162 peserta, setelah melalui permen tersebut peserta yang lolos menjadi 985 orang. Hanya saja, untuk nama-namanya belum ada. Saat ini pihaknya masih menunggu pengumuman dari BKN.

“Meskipun secara jumlah bertambah menjadi 985, namun ada beberapa formasi CPNS yang kosong. Seperti formasi guru SD, yakni di SD Karangbener, SD 2 Tumpangkrasak, SD 5 Loram Kulon, dan SD 2 Tanjungkarang. Sedangkan untuk formasi teknis transfusi darah memang tidak ada yang mendaftar. Sehingga kososng,” ujarnya.

Lanjut Yuli, jika sudah ada pengumuman terkait hasil kelulusan dalam tahap tes SKD, peserta berhak mengikuti tahap selanjutnya. Yakni tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Rencananya, akan dilaksanakan 4-10 Desember mendatang.

“Untuk tes SKB sampai dengan saat ini pelaksaan SKB belum ada kepastian tanggalnya. Kemarin direncana waktunya tanggal 4-10 Desember. Itu rencana,” jelasnya.

Sebelumnya, untuk formasi CPNS di Kabupaten Kudus ini terbilang banyak. Yakni ada sebanyak 438 formasi CPNS. Meliputi formasi khusus eks tenaga honorer K2 (guru) 29 orang dan formasi umum sebanyak 409 orang. Untuk formasi umum, terbagi atas 362 formasi guru dan 35 formasi tenaga kesehatan serta 12 formasi tenaga teknis.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...