Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cetak Pemilih Cerdas, KPU Kudus Sasar Organisasi Masyarakat

MuriaNewsCom, Kudus – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus memberikan kursus pemilu kepada organisasi masyarakat. Hal itu bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif dari masyarakat. Apalagi, melalui kursus itu diharapkan menciptakan pemilih yang cerdas.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Parmasdiklih dan SDM Ahmad Kholil mengatakan, dari pihak KPU Kudus ada agenda tentang kursus pemilu. Kursus pemilu ini adalah untuk mendorong masyarakat berperan aktif dalam pemilu 2019.

“Sasarannya adalah mereka semua yang mempunyai backgroun organisasi. Baik organisasi formal dan informal. Kemudian mereka yang terdiri dari komunitas,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa materi yang disampaikan pada kursus pemilu tersebut. Seperti tentang sejarah demokrasi pancasila, tentang lembaga penyelenggara pemilu, dan penegakan hukum kepemiluan.

“Selain itu juga, kami memberikan materi tentang tahapan pemilu. Baik dari pendaftaran hingga pencoblosan nantinya. Serta kami berikan materi tentang kemampuan berkomunikasi dan berliterasi,” ujarnya.

Dengan begitu, melalui kursus itu para peserta diharapkan menjadi tangan panjang KPU. Mereka menjadi agen untuk ikut serta mensosialisasikan pemilu di masyarakat.

“Peserta bisa memahami tentang kepemiluan. Dengan demikian nantinya bisa dijadikan bekal untuk menjadi pemilih cerdas,” tandasnya.

Sementara itu, terlihat para peserta antusias mengikuti kursus tersebut. Mereka tampak dengan seksama mengikuti kursus yang diselenggara KPU Kudus tersebut.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...