Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Blora Tegaskan Peran Guru Tak Bisa Digantikan dengan Perkembangan Teknologi

MuriaNewsCom, Blora – Berbagai informasi dan sumber pengetahuan saat ini makin mudah didapat seiring pesatnya kemajuan teknologi. Meski demikian, kondisi itu belum bisa menggantikan peran guru sebagai pendidik.

Penegasan itu disampaikan Bupati Blora Djoko Nugroho ketika memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 di halamam SMP Negeri 1 Japah, Senin (26/11/2018).

“Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik semata. Namun, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian,” tegas Djoko.

Menurut Bupati Djoko Nugroho, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan tema peringatan HGN 2018 sesuai kondisi yang ada. Yakni “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI.”

“Mendikbud Muhadjir Effendy menyatakan tema tersebut dipilih untuk mengingatkan para pendidik di Indonesia mengenai tantangan dunia pendidikan yang semakin berat di abad XXI. Untuk menghadapi tantangan itu, diperlukan guru yang profesional dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat, untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,” katanya.

Dia menambahkan, pada tahun depan Kemendikbud akan menerapkan sistem zonasi untuk pemerataan kualitas pendidikan. Adapun tujuannya adalah perluasan akses, pemerataan mutu dan percepatan peningkatan kualitas guru. Dengan sistem zonasi akan memudahkan penanganan dan pengelolaan guru.

Peringatan hari guru pada setiap tahun ini bertepatan dengan tanggal pendirian organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Organisasi tersebut resmi berdiri pada 25 November 1945 dalam kongres guru Indonesia di Surakarta.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...