Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Kalah dengan Kuliner Kekinian, 6 Makanan di Kudus Ini Anti Mainstream lho

0 1.281

MuriaNewsCom, Kudus – Bagi warga pantura, siapa sih yang tidak kenal Kudus, kota dengan julukanya sebagai Kota Kretek ini. Banyak jenis industri tumbuh di kota yang memiliki luas hanya 425,2 kilometer persegi tersebut. Salah satunya adalah industri kuliner.

Industri ini memang berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Mulai dari kafe-kafe yang menjamur di berbagai sudut, tempat ngopi yang kekinian, hingga warung-warung rakyat yang menajajakan makanan murah selera rakyat.

Nama soto kerbau, sate kerbau, garang asem, bahkan lentog mungkin sudah sering terdengar di telinga pecinta kuliner di Kudus. Namun tahukah Anda ada beberapa menu kuliner di Kudus yang sebenarnya enak tapi masih awam diketahui.

Bahkan beberapa di antaranya benar-benar antimainstream, baik dari bahan baku pembuatanya hingga penyajiannya. Meski demikian, soal rasa, boleh diadu dengan makanan kekinian yang bertebaran di Insta Story Kamu.

Berikut enam kuliner tersebut :

1. Nasi Lemen

Nasi lemen khas Kudus(Instagram/Rumah Makan WARISAN)

Jika dilihat dari bentuknya, nasi lemen memang terlihat seperti nasi goreng. Bumbu nasi lemen pun juga hampir sama dengan nasi goreng.

Yang membedakan adalah dalam bumbu nasi lemen ternyata ditambah dengan jeroan dan daging kepiting sawah yang sudah dihaluskan.

Campuran inilah yang memunculkan citarasa nasi lemen menjadi pedas dan gurih. Seiring dengan berjalanya waktu, nasi lemen ini sangat sulit ditemukan, padahal nasi ini dianggap berkhasiat untuk penderita diabetis dan hepatitis.

 

2. Kinco

Bagi masyarakat Kudus tentu tak asing bila mendengar istilah tersebut. Kinco sendiri merupakan jeroan dari ikan bandeng yang diolah menjadi sebuah masakan yang bernama kinco.

Makanan satu ini merupakan makanan khas warga daerah Loram yang juga merupakan sentra dari bandeng presto di Kudus. Agar semua bagian dari bandeng bisa dipakai semua, maka dimasaklah kinco tersebut.

Rasa pahit gurih pedas  yang khas ini akan sangat memanjakan lidah pecinta kuliner  jika disajikan dengan nasi yang hangat dan disantap pada siang hari.

 

3. Nasi Jangkrik

Nasi jangkrik yang siajikan dengan makanan pendamping seperti gorengan dan sate(MuriNewsCom/ Anggar Jiwandhana)

Nasi ini sangat melegenda di Kudus. Gurihnya rempah dan aromanya yang khas akan membuat indra perasa kita ketagihan. Nasi yang memiliki unsur budaya ini berisi nasi, tahu dan daging kerbau yang kaya akan rempah.

Aroma yang khas ini didapat ereka menggunakan daun jati untuk membungkus nasi dan lauknya. Kebayang bukan bagaimana khasnya bau dari daun jati dan gurih dari rempahnya? Menggugah selera ya!

 

4. Wedang Roti

Wedang Roti Kudus (MuriNewsCom/Anggar Jiwandhana)

Bagi Anda yang ingin minum, tapi ingin langsung kenyang juga, wedang roti jadi solusinya. Wedang ini merupakan salah satu wedang andalan yang sering dijajakan di angkringan-angkringan kota Kudus.

Perpaduan antara roti tawar yang disiram dengan kuah santan manis yang hangat ini sangat cocok untuk menghangatkan malam kamu di kota Kudus yang syahdu.

 

5. Kopi Muria

Muria dan Getuk Nyimut Kajar (minumkopi.com)

Nah, yang satu ini sangat direkomendasikan bagi anda yang suka dengan kopi. Kopi Muria ini merupakan kopi lokal yang rasanya khas dan unik.

Baunya yang wangi serta rasa pahit yang khas akan menambah perbendaharaan rasa kopi Anda. Kopi muria ini mulai banyak di jual di kafe atau kedai kopi di Kudus, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba langsung menyeduh di tempatnya secara langsung, di lereg Gunung Muria.

 

6. Getuk Nyimut

Makanan satu ini adalah makanan yang sangat pas untuk mendampingi seruput kopi Muria. Getuk nyimut sebenarnya hampir sama dengan getuk goreng pada umumnya, akan tetapi tempat menyantapnya yakni di lereng Gunung Muria inilah yang menjadi pembeda.

 

Rasa yang manis dari getuk ini dipadukan dengan aroma dan rasa  khas Kopi Muria dan ditambah lagi, suasana khas pegunungan Muria akan membuat malam anda di kota Kudus semakin menyenangkan.  Getuk yang melegenda ini bisa ditemukan di daerah Kajar.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.