Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak Tinggalkan Sampah, Warga Minta Penyelenggara Acara di Alun-alun Purwodadi Jaga Kebersihan

MuriaNewsCom, Grobogan – Sejumlah warga meminta agar dinas terkait bersikap lebih tegas terhadap para pihak yang menyelenggarakan acara di alun-alun Purwodadi. Permintaan itu dilontarkan terkait banyaknya sampah yang ditinggalkan para penonton ketika acara selesai.

“Sudah beberapa kali, ketika acara di alun-alun selesai maka pemandangannya jadi jorok. Soalnya, banyak sampah berserakan di kawasan alun-alun,” cetus Ansori, warga Purwodadi, Sabtu (24/11/2018).

Sampah tersebut memang akhirnya dibersihkan oleh para petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan. Sebelum itu, sebagian sampah yang bisa terjual sudah diambil oleh pemulung.

Meski demikian, untuk membersihkan sampah yang volumenya cukup banyak itu butuh waktu lama karena kondisi pusat keramaian Kota Purwodadi itu boleh dibilang mirip lautan sampah.

Beragam jenis sampah ada disitu. Kebanyakan adalah kantong plastik makanan ringan dan minuman. Selain itu, banyak pula botol dan gelas plastik berserakan.

Bahkan, pembersihan sampah pasca acara sempat ada yang diselesaikan dari pagi hingga menjelang tengah hari. Kondisi ini tentunya cukup mengganggu warga yang biasa melakukan aktivitas olahraga di kawasan alun-alun saat pagi hari.

“Saran saya, pihak panitia juga harus ada komitmen untuk menjaga kebersihan. Minimal, mereka menyediakan plastik besar untuk menaruh sampah agar tidak berserakan. Kalau panitia tidak mau dengan komitmen ini, maka jangan dikasih izin mengadakan acara,” cetus Triyanti, warga lainnya.

Kepala DLH Grobogan Nugroho Agus Prastowo saat dimintai komentarnya menyatakan, pihaknya merespon positif masukan dari masyarakat tersebut. Soalnya, apa yang disampaikan tersebut memang benar adanya.

Terkait dengan kondisi itu, pihaknya kedepan akan lebih ketat dalam memberikan izin penggunaan alun-alun untuk sebuah acara. Pihak panitia akan diminta komitmennya untuk mendukung kebersihan alun-alun.

“Kami tidak meminta panitia untuk membersihkan sampah. Tetapi, mereka kita minta untuk mendukung agar setelah acara, tidak ada lagi tumpukan sampah. Caranya, bisa menyediakan kantong plastik besar di beberapa titik untuk menampung sampah. Kalau sampahnya terkumpul maka pembersihannya bisa lebih cepat,” jelasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...