Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nyanyi di Depan Ganjar, Bocah SD Ini Langsung Dapat Laptop

MuriaNewsCom, Boyolali – Seorang bocah yang masih duduk di SD N 1 Mudal Boyolali, bernama Devita girang bukan main. Bagaimana tidak, hanya dengan berani menyanyi di depan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ia langsung mendapat hadiah sebuah laptop.

Saat itu, Devita menjadi salah satu siswa yang berani menyanggupi tatangan oleh Ganjar untuk menyanyi. Lagu yang harus dinyanyikan pun ditentukan oleh Ganjar, yakni lagu Gemarikan. Sebuah lagu ajakan untuk gemar makan ikan.

Siswi SD itu tanpa ragu lansung angkat tangan dan maju ke panggung mendekati Ganjar.

‘Makanlah ikan setiap hari, lele, tuna, nila atau ikan apa saja Jadilah yang terbaik, Anak sehat dan cerdas Karna suka makan ikan’. Demikian salah satu bait lagu yang dinyanyikan Devita. Ganjar pun langsung memberinya hadiah laptop.

Momen ini terjadi saat Ganjar menghadiri peringatan Hari Ikan Nasional ke 5 tingkat Provinsi Jateng, di Boyolali, Sabtu (24/11/2018).

Acara dengan siswa SD di kawasan wisata Tlatar Boyolali itu juga dalam rangka meresmikan Balai Benih Ikan (BBI) yang menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Hari Ikan Nasional ke 5. Selain di Tlatar, juga terselenggara lomba ikan hias, lomba kreasi memasak ikan serta makan bersama 10 ribu porsi olahan ikan.

“Kita harapkan ini jadi momentum untuk meningkatkan konsumsi ikan. Kalau kita melihat temen-temen kita biasanya kalau harga daging tinggi sangat panik. Sebenarnya ikan menjadi alternatif protein yang sangat bagus. Dan kita biasakan,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, sekarang olahan ikan punya varian tinggi dan membikin masyarakat yang ingin menikmati ikan jadi sangat tertarik. Dan pihaknya akan terus mendorong agar hal tersebut punya market yang baik.

“Ini bisa mencegah banyak hal, ibu hamil makan ikan banyak akan sangat berpengaruh pada bayi, pertumbuhannya, juga terhindar stunting dan otaknya juga akan bagus,” ujarnya.

Terlebih potensi ikan di Jawa Tengah cukup bagus bahkan di daerah tengahan untuk perairan air tawar yang terus dibina. Ganjar menjelaskan bahkan di Pati, ada ikan Nilasalin, ikan nila yang ditambak di air payau. Menurut Ganjar potensi ide-ide seperti di Jawa Tengah cukup banyak dan brilian.

Saat ini berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah potensi ikan tawar sebanyak 456.000 ton dan 386.000 ton ikan tangkapan.

Dengan produksi ikan sebanyak itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Lalu Muhammad yakin sebenarnya sudah mencukupi untuk konsumsi provinsi.

“Tapi masih ada tantangan. Tingkat konsumsi ikan di Jawa Tengah 29,17 kg per kapita per tahun dari target nasional 46 kg per tahun. Konsumsi terus dilakukan, gemar makan ikan untuk anak-anak SD, gerakan forikan dengan menggandeng bupati walikota,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...