Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Libatkan Pengurus Ormas di Grobogan Tekan Risiko Bencana Alam

0 281

MuriaNewsCom, GroboganPuluhan pengurus ormas yang ada di Grobogan bakal dilibatkan dalam upaya menekan risiko bencana alam. Khususnya, risiko munculnya korban jiwa saat terjadinya bencana alam.

“Seperti kita ketahui, wilayah Grobogan sangat rawan bencana. Saat kemarau, banyak kebakaran dan ketika musim hujan banyak rumah roboh kena angin lisus,” kata Kabag Kesra Pemkab Grobogan Abu Mansyur, usai acara sosialisasi tentang pencegahan kebencanaan di ruang rapat setda lantai I, Jumat (23/11/2018).

Menurutnya, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah melakukan mitigasi bencana. Adanya mitigasi bencana yang baik bisa memperkecil risiko bencana. “Lakukan terus pelatihan tentang mitigasi bencana kepada masyarakat. Khususnya di desa-desa yang kerap terjadi bencana. Baik kebakaran, banjir, angin lisus dan tanah longsor,” tegasnya.

Abu menyatakan, dalam sosialisasi itu, pihaknya menundang perwakilan ormas, kasi kesra kecamatan, dan bagian setda. Peserta sosialisasi diberikan pemahaman narasumber dari PMI Grobogan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bencana. Mulai dari tanda-tanda alam, hingga hal-hal apa yang perlu dipersiapkan dan harus dilakukan saat bencana datang.

“Setelah dapat sosialisasi, para peserta ini nantinya kita minta ikut menyampaikan informasi pada masyarakat. Sejauh ini, banyak masyarakat kita yang masih mementingkan harta bendanya ketimbang keselamatan dirinya sendiri saat bencana datang. Untuk masalah seperti ini perlu juga dilakukan edukasi pada masyarakat,” cetus Abu yang juga dikenal sebagai Ketua PCNU Grobogan itu.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.