Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Blora Sabet Penghargaan Pendukung Program KUR Terbaik dari Kemenko Perekonomian RI

MuriaNewsCom, BloraSebuah penghargaan kembali diberikan pada Pemkab Blora. Kali ini, penghargaan diberikan oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian. Penghargaan diserahkan Menko Perekonomian Darmin Nasution kepada Sekda Blora Komang Gede Irawadi di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Penghargaan ini diberikan bagi Pemerintah Daerah Terbaik, Penyalur KUR Terbaik, Penjamin Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terbaik dan Pendukung Program KUR Terbaik Tahun 2018. Pemberian penghargaan dilakukan untuk mengapresiasi stakeholder penyalur, penjamin, dan pemerintah daerah yang telah memberikan pelayanan KUR terbaik di wilayahnya, utamanya kepada UMKM.

“Alhamdulillah, kami mewakili Bapak Bupati menerima penghargaan Pemda Pendukung KUR Terbaik ketiga se-Jawa. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kami untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan mengurangi angka kemiskinan, serta meningkatkan kemudahan masyarakat pelaku UMKM dalam mendapatkan bantuan modal lewat program KUR,” ungkap Sekda Komang Gede Irawadi.

Dijelaskan, jumlah debitur atau pengambil pinjaman KUR di Blora per Agustus 2018 mencapai 35.085 pelaku UMKM, dengan jumlah dana lebih dari Rp 489 miliar.

Selain itu, Pemkab Blora juga mengeluarkan beberapa kebijakan sebagai dukungan program KUR. Diantaranya, kebijakan administrasi yang meliputi pembentukan tim monev oleh Bupati berdasarkan SK no.900/537/2017 tanggal 2 Mei 2017, Surat Edaran Tim Monev tentang percepatan penyaluran KUR serta pembentukan tim pokja Sertifikat Hak Atas Tanah(SHAT).

Selanjutnya, Pemkab juga memfasilitasi penerima Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) untuk mendapatkan KUR, dan menyinkronkan kebijakan penyaluran KUR kepada UMKM dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah.

Proses penilaian penghargaan bagi stakeholder KUR ini dilaksanakan oleh Tim Penilai dan Tim Teknis yang diketuai oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan anggota perwakilan dari beberapa instansi terkait. Antara lain, dari Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Dalam Negeri, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Universitas Indonesia.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...