Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

TPS Pilkades Belum Buka, Ratusan Warga di Grobogan Sudah Antre Nyoblos

MuriaNewsCom, Grobogan – Antusias warga Grobogan untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkades serentak boleh dibilang sangat tinggi, Kamis (22/11/2018). Indikasinya bisa dilihat dengan banyaknya warga yang sudah berdatangan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades, sebelum waktu pencoblosan yang dimulai pukul 08.00 WIB. Pilkades serentak dilangsungkan di 222 desa yang tersebar di 19 kecamatan.

Dari pantauan di sejumlah desa, warga sudah berdatangan ke TPS mulai pukul 06.00 WIB. Mereka rela menunggu di luar pintu masuk TPS yang sebagian besar ditempatkan di balaidesa setempat.

“Saya sengaja datang awal biar bisa cepat nyoblos. Antre sebentar ndak masalah,” kata Triyani, warga Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh.

Adanya pelaksanaan Pilkades serentak ternyata juga berdampak pada sektor perekonomian. Yakni, banyaknya pedagang maupun pemilik warung di kawasan kota yang tutup. Soalnya, tenaga kerjanya banyak yang mengajukan libur karena di desanya ada Pilkades.

Selain itu, pelaksanaan Pilkades serentak juga berdampak pada sepinya kantor pemerintahan yang menjadi tempat pelayanan masyarakat. Misalnya, di kantor Disnakertrans, Dispendukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Jumlah warga yang mengurus pelayanan di kantor tersebut tidak seramai hari biasanya.

Sementara itu, Plt Kabag Pemerintahan Desa Daru Wisakti menyatakan, dari pantauan yang dilakukan, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya memang cukup tinggi. “Dari pagi tadi kita sudah monitoring ke beberapa desa. Perkirakaan kami, partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya bisa sampai 80 persen,” katanya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...