Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa Belum Ajukan Pencairan, Bantuan Pilkades Pati Masih Banyak yang Nganggur

MuriaNewsCom, Pati – Dana bantuan Pilkades Pati senilai Rp 3,4 miliar dari pemkab saat ini masih banyak yang nganggur. Ini lantaran 31 dari 61 desa penyelenggara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak belum mencairkan dana bantuan pilkades. Padahal, saat ini sudah memasuki akhir tahun dan proses pemungutan suara semakin dekat.

Asisten Satu Setda Pati Sudiyono mengatakan, dana bantuan untuk pilades serentak ini memang sudah disiapkan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab).  Sehingga pihak desa penyelenggara harus segera mengajukan pencairan tersebut.

“Total dana bantuan pilkades yang kami siapkan Rp 3,4 miliar.  Dana ini sudah bisa dicairkan dengan syarat,  pihak penyelenggara  harus mengajukan pencairan,” terangnya saat memberikan pengarahan kepada para calon kades di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (22/11/2018).

Lebih lanjut,  sampai saat ini desa penyelenggara yang sudah mengajukan pencairan dana bantuan ada sebanyak 30 desa dari 61 desa.  Padahal,  waktunya sudah semakin dekat,  yakni kurang dari satu bulan untuk pemungutan suara.

“Kami sudah mengimbau kepada desa yang bersangkutan untuk segera mencairkan dana bantuan tersebut,” tegasnya.

Menurutnya,  untuk pencairan dana bantuan ini memang harus melalui proses perubahan alokasi Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) setempat yang sudah di sahkan. Tanpa adanya perubahan itu,  pihak pemkab tidak bisa untuk memberikan bantuan dana tersebut.

“Jadi syaratnya memang itu. Tanpa adanya perubahan apbdes,  kami tidak bisa mencairkan dana bantuan pilkades,” tegasnha.

Sementara dari pihak pemkab memberikan tenggat waktu hingga akhir bulan ini.  Sehingga,  bagi desa penyelenggara yang belum mencairkan dana bantuan tersebut,  segera untuk mengajukannya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...