Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kotak Suara Pilpres dan Pileg Tak Lagi Alumunium, Ini Bentuknya

0 341

MuriaNewsCom, Pati – Kotak suara untuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) dipastikan akan berbeda. Apabila biasanya kotak suara itu berbahan alumunium, tetapi kali ini justru menggunakan kotak suara dengan bahan dasar karton kedap air. Bahkan, kotak suara itu pun sudah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati.

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, mengenai material kotak suara maupun bilik suara yang nantinya akan digunakan pada saat pilpres dan pileg, semuanya sudah ditetapkan melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2018.

“Kalau dulu menggunakan bahan alumunium, tapi untuk 2019 nanti menggunakan karton kedap air,” ungkapnya, Rabu (21/11/2018)

Lebih lanjut, dalam PKPU tersebut juga dijelaskan bahwa kotak suara yang berbahan karton kedap air itu pada satu sisinya bersifat transparan. Nantinya,  semua orang bisa melihat isi kotak suara itu untuk menghindari adanya kecurangan.

Selain itu, kotak suara ini juga hanya sekali digunakan, yakni sekali pakai. Usai pemungutan suara dilakukan, maka kotak suara langsung dilelang dan hasilnya akan dikembalikan ke kas negara.

“Terkait taknis ini memang sudah dibahas di PKPU. Selain itu, dalam keputusan KPU Nomor 999 tentang kebutuhan dan spesifikasi teknis perlengkapan penyelenggaraan pemilihan umum,”  tegasnya.

Sementara bilik suara yang terbuat dari alumunium yang saat ini disimpan di gudang KPU nntinya juga akan digunakan. Hanya, untuk jumlahnya sendiri dirasa masih kurang sehingga pada saat pemungutan suara, sebagian bilik suara ada yang terbuat dari katron.

“Jadi, nanti memang ada yang milik suara dari alumunium dan ada yang dari karton kedap air. Tetapi untuk kotak suara, semuanya akan menggunakan karton transparan tersebut,” tutup Supri.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.