Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Balai Latihan Kerja Blora Rencanakan Buka Kelas Ketrampilan Membatik, Ini Tujuannya

0 357

MuriaNewsCom, Blora – Perkembangan batik di Blora saat ini dinilai semakin pesat. Meski demikian, perkembangan itu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas batik. Terkait dengan kondisi itu, Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Blora merencakanan untuk membuka kelas khusus membatik.

“Tahun depan bisa jadi akan ada kelas khusus membatik di BLK.  Tujuannya, supaya kualitas batik Blora meningkat dan tidak kalah dengan batik dari daerah lainnya,” kata Kepala Dinperinnaker Blora Suryanto.

Selama ini pelatihan keterampilan di BLK menyasar kalangan remaja. Adapun keterampilan yang diajarkan diantaranya menjahit, bordir, las, otomotif dan servis handphone.

Menurutnya, sejauh ini, pihaknya sudah beberapa kali memberikan pelatihan membatik hingga ke desa-desa. Hanya saja, durasi pelatihannya tergolong singkat dan belum berstandar kompetensi.

Pelatihan membatik dengan standar kompetensi baru dilakukan sekali pada awal November kemarin. Pelatihan ini diikuti 16 peserta yang sebelumnya sudah punya ketrampilan dasar membatik. Peserta yang lulus pelatihan langsung diberikan sertifikat kompetensi.

“Perkembangan batik di Blora semakin pesat sehingga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas batik. Oleh sebab itulah kami memutuskan menggelar pelatihan membatik yang sesuai standar kompetensi,’’ jelasnya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.