Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wakil Bupati Kudus Sebut Kirab Budaya Sebagai Wahana Syiar Islam

MuriaNewsCom, Kudus – Acara tahunan kirab budaya digelar kembali di Desa Kirig, Kecamatan Mejobo Selasa (20/11/2018). Kirab ini untuk memperingati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Eyang Suryo Kusumo dan Rasyid Muhammad.

Wakil Bupati Kudus, Hartopo yang hadir dalam kegiatan itu menyebut, kirab ini sebagai wahana syiar Islam dan media masyarakat untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasi dalam seni budaya.

Alhamdulillah kali ini kita bersama bisa hadir dalam kirab budaya memperingati Maulid Nabi dan Haul Eyang Surya Kusuma dan Rasyid Muhammad,” ujarnya.

Selain itu menurut dia, haul ini merupakan momentum untuk kembali mengingat dan merenungi arti serta peran para pendahulu. Ia mengajak warga untuk meneladani dari apa yang telah diwariskan Eyang Surya Kusuma dan Rasyid Muhammad.

“Saya meyakini ada banyak keteladanan yang beliau contohkan dan kebaikan yang beliau wariskan. Sekarang tugas kita untuk dapat melestarikan,” ujarnya.

Hartopo menyampaikan, Nabi Muhammad SAW adalah Nabi utusan Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia di bumi.

“Kehadiran beliau sungguh harus kita syukuri bersama, sebagai wujud rasa syukur tersebut, banyak hal positif yang bisa dilakukan bersama. Salah satunya yang dilakukan masyarakat Kirig ini,” ujarnya.

Ketua panitia, H Nur Halim menyampaikan bahwa kirab ini untuk melestarikan budaya yang sudah dipupuk sejak lama.

“Kirab ini mempunyai nilai budaya yang tinggi. Sehingga ini mengenalkan pada generasi muda agar budaya daerah tak punah,” ujarnya.

Kirab yang sudah menjadi acara tahunan Desa Kirig ini dimeriahkan oleh marching band dan sedekah bumi. Ribuan masyarakat hadir dan menyaksikan kirab budaya tersebut.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...