Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Grobogan Gelar Rekrutmen Tambahan Anggota PPK

MuriaNewsCom, Grobogan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan melangsungkan proses rekrutmen untuk penambahan jumlah Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dari tiga orang menjadi lima orang.

Penambahan dua anggota PPK tersebut menindaklanjuti instruksi dari KPU Republik Indonesia yang tertuang dalam suratnya yang bernomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018. Instruksi ini dikeluarkan pasca putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang proses penambahan jumlah PPK. Dalam putusannya, MK mengembalikan jumlah Anggota PPK untuk Pemilu 2019, dari tiga orang ditambah menjadi lima orang.

“Mulai hari ini dan Selasa besok, kita lakukan proses seleksi untuk penambahan anggota PPK,” ungkap Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo, Senin (19/11/2018).

Agung menyatakan, pada Pilgub atau Pilkada 2018 lalu, jumlah anggota PPK sebanyak lima orang. Kemudian, untuk Pemilu 2019, kebutuhan PPK awalnya hanya diputuskan sebanyak tiga orang saja. Setelah itu, baru muncul putusan MK yang mengembalikan agar jumlah PPK dikembalikan lagi jadi lima orang.

Penambahan anggota baru dilakukan dengan menyeleksi peserta seleksi PPK untuk Pilgub 2018 lalu. Yakni, dari peserta yang menempati peringkat empat hingga sepuluh. Nama-nama yang menempati peringkat tersebut sudah dihubungi dan selanjutnya dilakukan verifikasi.

Setelah itu dilanjutkan proses wawancara bagi mereka yang masih memenuhi kriteria sebagai anggota PPK. Jika tidak ada calon tambahan yang bisa diseleksi, KPU akan meminta tambahan dari tenaga pendidik yang ada di wilayah setempat.

“Untuk pengumuman dua anggota PPK tambahan yang terpilih, rencananya akan kita lakukan 20 November,” imbuh Agung.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...