Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Pelosok Gunung Muria Diberi Pengobatan Gratis

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan warga di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, mendapatkan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis. Kegiatan sosial ini mendapat sambutan antusias dari warga.

Pasalnya, akses kesehatan di desa itu memang masih cukup sulit. Desa Kandangmas, merupakan salah satu desa di dataran tinggi Pegunungan Muria.

Warga desa ini sebagian besar bekerja sebagai buruh tani. Jarak desa ini menuju kota cukup jauh, sehingga banyak warga yang hanya mengandalkan obat dari warung jika sakit.

Kondisi ini yang mendapat perhatian dari Komunitas Sahabat Lestari untuk menggelar kegiatan sosial pengobatan gratis. Lestari Moerdijat, pembina Sahabat Lestari menyatakan, selama ini program pengobatan gratis memang ditujukan untuk warga yang kesulitan mendapat akses kesehatan.

”Kita arahkan kegiatan sosial ini di daerah-daerah pelosok. Kegiatan ini selalu rutin kami gelar tiap minggu, baik di Kudus, Demak maupun di Jepara,” katanya Senin (19/11/2018).

Warga memanfaatkan pengobatan gratis itu untuk memeriksakan dan cek  kolesterol, gula darah, asam urat dan penyakit umum lainya.

Kebanyakan keluhan warga mengenai penyakit umum yang disebabkan oleh kesalahan dalam konsumsi makanan dan gaya hidup yang tak sehat.

Oleh karenanya, dalam kegiatan itu tim Sahabat Lestari juga memberikan sosialisasi tentang gaya hidup sehat dan pola makan yang sesuai. Apalagi banyak pasien yang datang merupakan warga lanjut usia, yang membutuhkan penanganan yang baik dalam pola makan.

Salah satu warga Muntiah, mengaku bersyukur mendapat layanan kesehatan ini. Karena menurut dia, selama ini jika sakit hanya beli obat dari warung. Jika pun harus ke dokter atau puskesmas, jaraknya cukup jauh.

”Saya bersyukur kami yang berada di pelosok seperti ini mendapat perhatian dan layanan pengobatan gratis. Terimakasih,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPD Partai Nasdem Kudus, Akhwan beserta jajarannya. Serta tim medis dr Agus Prasetyo yang melakukan pemeriksaan serta penyuluhan tentang hidup sehat.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...