Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Angka Kecelakaan Tembus 1.000 Tiap Tahun, Korlantas Polri Turun ke Pati

MuriaNewsCom, Pati – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pati mendapat sorotan dari Korp Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Pasalnya, dari tahun ke tahun, kecelakaan di Pati cenderung menalami kenaikan. Hanya, pada pertengahan November ini, angkanya belum mencapai seribu.

Kasi Denwal Pjr Korlantas Polri AKBP Dedy Suhartono saat berkunjung ke Pati mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, rata-rata setiap tahun angka kecelakaan mencapai seribu kejadian. Sementara faktornya sendiri diketahui ada beberapa hal, yakni kondisi jalan yang rusak, kelalaian pengendara dan kendaraan yang kurang layak.

“Dilihat dari pendataan kala lantas, kejadian di Pati ini memang di atas rata-rata. Selain itu, korban akibat laka lantas juga tergolong banyak. Sehingga, kami mengkroscek itu secara langsung di Pati,” ungkapnya, Senin (19/11/2018).

Dia menekankan, tingginya angka kecelakaan tersebut, seharusnya bisa menjadi evaluasi bersama. Terutama terkait faktor penyebab selama ini. Tidak hanya di jajaran kepolisian saja, tetapi di semua sektor hars mengevaluasi itu.

“Kan memang ada beberapa faktor, ada juga karena jalannya yang rusak, cara berkendaranya yang kurang baik atau karena faktor kendaraannya sendiri. Sehingga, hal ini membutuhkan evaluasi bersama,” .tegasnya.

Lebih dari itu, dari kurun 2017 lalu, laka lantas di Pati ini memang sudah menjadi perhatian pusat. Sebab, angka lebih dari seribu dalam jangka waktu satu tahun, merupakan angka laka lantas yang tergolong besar.

“Apabila ini tidak seegra dilakukan penanganan, misalnya melalui diklat terlebih dahulu atau sosialisasi kepada masyarakat, kami hawatir angkanya akan semakin meningkat. Kita memang tidak ingin kecelakaan itu terjadi. Karena itu, kita harus melakukan antisipasi dini,” imbuh Dedy.

Dirinya juga berharap, para pengguna kendaraan baik roda dua maupun empat selalu memperhatikan keamanan berkendara.Yang paling penting, periksa kendaraan secara berkala, agar apabila ada hal-hal yang rusak, bisa segera dilakukan perbaikan.

“Itu kan salah satu cara untuk mengantisipasi. Kami mengajak kepada seluruh pengguna kendaraan untuk membudayakan tertib lalu lintas, mengecek kondisi kendaraan secara berkala dan selalu mengutamakan keselamatan, jangan kecepatan,” tutupnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...