Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Petakan 4 Kecamatan di Pati Ini Rawan Puting Beliung

MuriaNewsCom, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mulai memetakan wilayah yang rawan putting beliung. Selain itu, diinformasikan pula terkait perkiraan cuaca yang akan melanda Pati selama kurun waktu satu hari. Hal itu agar masyarakat yang berada di wilayah rawan itu, bisa mengantisipasi dini adanya angin kencang itu.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, di Pati sendiri  selain wilayah rawan banjir juga ada wilayah yang rawan longsor dan bencana angin putting beliung. Setidaknya ada empat kecamatan di Pati yang rawan putting beliung.

“Empat kecamatan itu adalah kecamatan Cluwak, Gunungwungkal, gembong dan Kecamatan Sukolilo,” jelasnya, Sabtu (17/11/2018).

Sementara untuk kecamatan yang rawan tanah longsor adalah di kecamatan Sukolilo, Cluwak Tlogowungu, Tambakromo, Gembong, Gunungwungkal dan Pucakwangi. Dirinya meminta kepada masyarakat yang berada di kecamatan tersebut untuk selalu waspada, baik angin putting beliung maupun tanah longsor.

Lebih lanjut, untuk wilayah perairan Pati utara juga akan berpeluang hujan disertai dengan angin yang bertiup dari arah utara menuju selatan dengan kecepatan 2-15 knot. Menurutnya, hal ini juga patut diwaspadi bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai.

“Perkiraan tinggi gelombang di perairan laut jawa mencapai 0,1 hingga 0,5 meter. sedangkan untuk tinggi gelombang perairan selatan Jawa Tengah mencapai 1,0 hingga 2,0 meter,” tegasnya.

Sanusi juga menghimbau kepada masyarakat untuk siap siaga menhadapi perubahan musim ini. Mengingat, putting beliung sudah menerjang di wilayah Desa Srikaton, Kecamatan Kayen. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, masyarakat diminta tetap waspada, terutama pada saat terjadi hujan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...