Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Warga Diajak Napak Tilas Penyebaran Islam di Jawa

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan orang dari berbagai profesi di Kabupaten Kudus mengikuti napak tilas penyebaran Islam di Tanah Jawa. Kegiatan yang dihelat komunitas Sahabat Lestari ini digelar sebagai sarana memupuk ketakwaan dan mengingat kembali perjuangan para wali penyebar Islam.

Warga yang mengikuti kegiatan napak tilas dan ziarah wali ini berasal dari Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Mereka berziarah ke sejumlah makam wali penyebar agama Islam di Jawa.

Di antaranya, makam Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Ampel dan makam Syekh Asmorokondi di Tuban.

Lestari Moerdijat, pembina Sahabat Lestari mengatakan, kegiatan ziarah wali dan napak tilas ini digelar secara rutin, dengan peserta dari berbagai daerah di wilayah Demak, Kudus dan Jepara.

“Khusus untuk kegiatan kali ini diikuti sekitar 50 warga Kabupaten Kudus. Mereka berasal dari berbagai profesi seperti petani, guru, maupun buruh pabrik,” katanya.

Mereka cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Terlebih untuk para petani, kegiatan ini dianggap sebagai bagian dari wisata religi.

Terlepas dari itu menurut Mbak Rerie panggilan karib Lestari Moerdijat, kegiatan ini untuk mengenalkan kembali perjuangan para wali dalam berdakwah menyebarkan Islam. Dengan berziarah, para peserta juga bisa meneladani dan menerapkan ajaran para wali dalam kehidupan beragama.

Tujuan lain juga untuk mengingatkan kembali kepada para peserta, bahwa masih ada kehidupan lain yang harus dijalani setelah kematian. “Kegiatan ini untuk mengajak warga agar ingat kematian. Sehingga mereka akan berlomba-lomba berbuat kebaikan selama hidup,” ujarnya.

Para jemaah juga diajak berdoa bersama mendoakan negara dan bangsa agar dihindarkan dari bahaya dan malapetaka. Terlebih akhir-akhir ini di berbagai daerah telah terjadi bencana dan musibah yang merenggut banyak korban nyawa.

Sejumlah peserta juga mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan napak tilas dan ziarah makam wali. Ia mengaku selain berdzikir mereka juga berdoa memohon berkah dari para auliya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...