Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bantu Promosikan Potensi UMKM Grobogan, Hotel Grand Master Gelar Bazaar

MuriaNewsCom, GroboganPuluhan produk UMKM Grobogan dipamerkan dalam sebuah bazaar di halaman Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi. Rencananya, bazaar UMKM akan digelar selama tiga hari, mulai hari ini, hingga Minggu lusa.

Acara bazaar UMKM dibuka secara resmi oleh Asisten I Pemkab Grobogan Muhammad Hidayat, Jumat (16/11/2018). Tampak pula, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Aditya Wahyu serta perwakilan Forkompinda.

“Saya mengapresiasi acara bazaar UMKM ini. Melalui acara ini, setidaknya bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang sudah dihasilkan,” kata Muhammad Hidayat.

Ia menyatakan, sejauh ini perkembangan UMKM di wilayahnya dinilai cukup bagus. Indikasinya, sampai sekarang sudah ada 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan. Terdiri dari 30.565 Usaha Mikro, 1.344 Usaha Kecil dan 156 Usaha Menengah.

Meski jumlah pelaku UMKM terus bertambah namun beberapa masalah klasik masih dialami para pengusaha tersebut. Salah satunya adalah soal pemasaran yang dinilai sebagian pengusaha sebagai permasalahan utama.

Menurutnya, jika selama ini masih banyak pelaku usaha yang memasarkan barangnya secara tradisional. Khususnya, pelaku usaha yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah terobosan baru buat pengusaha tersebut agar memasarkan produknya dengan cara-cara yang lain dari biasanya.

“Salah satunya adalah melalui acara bazaar seperti ini. Oleh sebab itu, melalui bazaar ini nantinya bisa membawa dampak positif bagi pelaku UMKM,” imbuh mantan Kabag Perekonomian itu.

Sementara itu, GM Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi Iwan Suprajitno mengatakan, dalam bazaar tersebut, pihaknya menyediakan 48 stand untuk pelaku UMKM. Selain dari Grobogan, ada beberapa UMKM dari Semarang, dan Sukoharjo yang ikut berpartisipasi.

Menurut Iwan, bazaar UMKM merupakan rangkaian acara Fesival Kyriad 2018. Selain bazaar, pihaknya juga melangsungkan pentas seni untuk siswa TK, SD, SMP, dan SMA serta masyarakat umum.

“Puncak acara Festival kita gelar hari Minggu lusa. Yakni, ada acara jalan sehat dengan 2.000 peserta. Rangkaian festival kita tutup dengan pentas musik yang menghadirkan artis Ruri dari grup band Republik,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...