Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Pati Maksimalkan Sosialisasi Potensi Bencana

MuriaNewsCom, Pati – Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Pati terus berupaya untuk mensosialisasikan wilayah yang rawan terhadap banjir dan tanah longsor. Apalagi, saat ini tengah memasuki musim hujan. Bahkan di sebagian Kecamatan, potensi hujannya sudah semakin tinggi.

Kapala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, sampai sejauh ini belum ada strategi khusus untuk menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor menjelang musim hujan. hanya, dirinya mengaku akan mengoptimalkan upaya sosialisasi di desa-desa yang rawan.

“Berkali kali kamis sudah melakukan sosialisasi, misalnya di Desa Mustokoharjo, Desa Sugiharjo, Desa Bageng dan desa lainnya yang berpotensi bencana,” ungkapnya, Kamis (15/11/2018).

Selain di Desa, pihaknya juga melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, agar anak-anak juga bisa  antisipasi dini  penanggulangan bencana. mereka juga diajarkan bagaimana caranya proses evakuasi pada saat bencana.

“Di sekolah juga kami sosialisasikan. Tujuan kami agar siswa juga bisa mengantisipasi serta membantu mengevakuasi.Pembekalan ini kan penting, apalagi bagi sekolah yang berada di desa potensi bencana,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengadakan apel siaga gelar pasukan dan peralatan bencana untuk antisipasi bencana. Bahkan  sejumlah peralatan perahu saat ini juga tengah diservice untuk nantinya sebagai alat evakuasi.

Lebih lanjut, dirinya juga menghimbua kepada masyarakat agar membersihkan sungai simo yang selama ini memang selalu benjir saat musim hujan. Selain itu, masyarakat juga diharapkan bekerjabakti untuk membersihkan saluran serta tidak membuang potongan pohon pisang dan bambu ke sungai.

“Yang jelas, memasuki musim hujan ini memang semuanya harus diantisipasi. segala hal yang bisa menyumbat sungai, segera untuk dibersihkan agar aliran air bisa berjalan lancar. Jangan lupa pula bagi masyarakat yang berada di desa rawan banjir, selalu waspada,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...