Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hebat! Desa Tambaharjo Pati Jadi Pelopor Desa Sadar Jaminan Sosial

MuriaNewsCom, Pati – Upaya pemerintah Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati untuk menyadarkan warganya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ternyata membuahkan hasil. Berdasar itu, desa tersebut iki dicanangkan sebagai pelopor Desa Sadar Jaminan Sosial.

Berdasarkan informasi yang berhasil di himpun, untuk di Jawa Tengah sendiri, desa yang sudah ikut aktif dalam program BPJS Ketenagakerjaan ada 29 desa. Sedangkan untuk Pati sendiri, saat ini baru Desa Tambaharjo.

Kepala Desa Tambaharjo Mubaligh berharap dapat memicu pemerintah desa untuk terus memberikan penyadaran kepada warga untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Jaminan sosial ini memang sangat penting untuk warga. Bukan kita berharap sesuatu terjadi kepada kita, namun, adanya jaminan sosial tersebut diharapkan bisa untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya, Kamis (15/11/2018).

Untuk di lingkup pemerintahan desa sendiri, katanya, sudah cukup lama perangkat desa diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Pun demikian, saat ini untuk ketua RW dan RT juga sudah diikutkan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk perangkat maupun ketua RT dan RW, pembiayaan sebagai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dialokasikan dari sebagian APBDes. Hal itu, menurut kades sudah sesuai dengan aturan yang ada.

“Dalam hal ini, kami juga merangkul pelaku UMKM untuk ikut juga menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kami memfasilitasi mereka, agar tidak perlu repot-repot datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, namun cukup di balai desa saja, kemudian petugas yang datang,” ungkapnya.

Dengan hal seperti itu, diharapkan dapat memudahkan warganya untuk mengurus proses kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Karena, pemerintah desa berkeinginan, warga bisa mendapatkan program jaminan sosial dengan mudah juga.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...