Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kejati Jateng Tinjau Stadion Wergu Kudus, Ini Hasilnya

MuriaNewsCom, Kudus – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah  (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah melakukan peninjauan di stadion Wergu Wetan Kudus, Rabu (14/11/2018). Mereka melakukan peninjauan atas robohnya atap tribun utara yang diterjang angin Selasa (6/11/2018) pekan lalu.

Ketua Sub Tim E Kejati Jateng Dadang Djafar mengatakan, sebelumnya ia bersama dengan dinas, kontraktor dan rekanan melakukan rapat evaluasi. Dari hasil rapat itu, kejadian robohnya atap tribun utara disebabkan oleh alam. Hal itu dibuktikan dengan diterbitkan pernyataan dari BMKG.

“Kejadian itu murni karena alam. Karena pada kejadian tersebut angin kencangan dengan kecepatan 66 kilometer perjam. Dengan demikian, angin bisa dikategorikan puting beliung,” jelasnya.

Meski begitu, ia mengatakan akan melakukan review desain awal. Seperti di rancangan awal saat pemasangan.

“Kami minta untuk dimaksimalkan. Contohnya terkait fentilasi yang tidak ada. Hal ini akan dijadikan evalusi,” lanjutnya.

Atas kejadian itu, ia mengaku akan menjadikan pembelajaran pihaknya kedepan. Apalagi, kejadian tersebut juga merugikan pihak lain yakni kendaraan yang tertimpa atap tribun itu.

“ Ini sebagai peringatan keras kedepa kontraktor supaya lebih berhati-hati untuk memaksimalkan pembangunan,” tegasnya.

Ditambahkan dia, TP4D sendiri memiliki fungsi untuk memantau mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan. Hanya saja, ia mengaku tugas pokoknya untuk memberikan pendapat mengenai pendapat hukum dan analisa hukum.

“Sedangkan untuk soal mutu itu ada sendiri. Sementara ini pihak pelaksana mengatakan sudah sesuai dengan kualitas. Itu akan didukung dengan uji lab sehingga bisa dipertanggung jawabkan,” tutupnya.

Sebelumnya, atap tribun utara Stadion Wergu Wetan Kudus roboh diterjang hujan lebat disertai angin, Selasa (6/11/2018) sore lalu. Pada kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian ditafsirkan hingga ratusan juta.

Sementara itu, diketahui, sampai saat ini pembangunan tribun stadion Wergu Wetan sudah mencapai 92 persen. Dengan anggaran Rp 22 miliar, untuk pembangunan tribun sisi selatan dan utara. Diperkirakan akhir November 2018 mendatang sudah bisa selesai pembangunan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...