Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Selamatkan Toko Kelontong, Ganjar Canangkan Gerakan Tuku Dagangane Konco

0 560

MuriaNewsCom, Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengampanyekan gerakan saling membeli dagangan teman, Rabu (14/11/2018). Gerakan itu diberi nama Tuku Dagangane Konco atau belilah jualan temanmu.

Deklarasi ini dilakukan di hadapan seribuan pedagang toko kelontong di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang. Gerakan ini untuk menyelamatkan toko kelontong di tengah ramainya persaingan retail modern.

Ganjar menilai  sektor UMKM menjadi solusi tepat peningkatan perekonomian masyarakat. Terlebih dari cerita para pedagang tersebut diketahui jika rata-rata pendapatan para pedagang mencapai Rp 3 juta per bulan.

Meski demikian, rata-rata pedagang toko kelontong yang berkumpul di tempat itu, karena mereka menganggap idealnya pendapatannya mencapai Rp 4 juta per bulan.

Ini dikatakan Senin, salah satu pedagang kelontong dari Sambiroto, Kendal. Kepada Ganjar, dia mengaku tiap bulan pendapatan bersihnya sekitar Rp 2,5 juta sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun ia meningkatkan pendapatannya.

“Menurut saya pendapatan ideal dari usaha ini sebesar Rp 4 juta dan itu target pengembangan yang ingin saya capai. Salah satu caranya dengan memperbanyak stok beras karena itu yang paling laku cepat,” kata Senin.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, menjamurnya retail modern bukanlah alasan untuk menyerah. Justru banyaknya pesaing usaha semakin memicu untuk melahirkan banyak inovasi.

“Zaman sudah berubah, ada banyak retail di sekitar bapak ibu. Gotong royong sampeyan luar biasa, hebat. Buat koperasi dan komunitas. Agar dilatih kapasitas cara dagang pemasaran mengelola aset dan lainnya,” kata Ganjar.

Untuk melakukan peningkatan, Ganjar menyebut saat ini tengah mengumpulkan kekuatan yang ada di Jateng. Mulai dari pemerintah, pengusaha besar untuk semakin intens melakukan pendampingan, khususnya membantu akses permodalan.

Dengan cara ini, kata Ganjar, akan membikin mereka bisa mengembangkan ekonomi berdikari. Sebagai tolak ukur, Ganjar mengatakan harus ada target.

Ganjar lantas menyitir curhatan Senin yang ingin menaikkan pendapatan dari Rp 2,5 juta ke Rp 4 juta perbulan.

“Tinggal kita target saja, mari seluruh pedagang ini kita dorong untuk minimum dia dapat penghasilan Rp 4 juta. Bahkan ini melebihi UMK, bahkan UMK DKI Jakarta. Jadi kalau mereka dapat seperti itu insyaallah hidupnya jauh lebih baik,” ujarnya.

Jika hal tersebut terealisasi, Ganjar berpesan kepada para pengusaha retail tradisional itu agar jangan melupakan sedekah, pada tetangga, anak yatim dan fakir miskin.

Selain itu, Ganjar juga mengajak mereka mendeklarasikan untuk saling membeli. “Sekarang kita kampanye ‘belilah produk temanmu, tuku dagangane koncomu’,” pungkas Ganjar.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.